by

Proses Pemakaman Pasien Covid-19 Asal Sintang Dengan Prokes Ketat Di Melawi

Melawi, Mediakalbarnews.com – Satu pasien COVID-19 asal Kabupaten Sintang yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Melawi akhirnya meninggal dunia, Senin (26/4/2021) pukul 16.00 wib.

Pasien yang diketahui berusia 62 tahun, jenis kelamin laki-laki itu diketahui juga ada penyakit penyerta yakni paru paru dan jantung.

Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Melawi langsung melakukan prosesi pemakaman pasien COVID-19 secara ketat pada Selasa, (27/4/2021) pukul 04.00 wib di salah satu area pemakaman di Nanga Pinoh.

“Pasien sudah kita makamkan subuh tadi. Dan berjalan dengan lancar,” ungkap Direktur RSUD Melawi, dr Sien Setiawan.

Dalam prosesi pemakaman itu, tim Satgas COVID-19 menerjunkan tim dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Melawi, BPBD, RSUD, TNI, POLRI, Dinkes dan sejumlah relawan.

“Pasien dari daerah manapun, tetap kita layani di RSUD Melawi untuk mendapatkan penanganan medis,” tegas Sien.

Pasien tersebut, ungkap Sien dari hasil keterangan pihak keluarga, sebelum dibawa ke RSUD Melawi, sudah menjalani pengobatan di salah satu Puskemas daerah Kabupaten Sintang.

Lantaran penyakitnya yang kembali kambuh, oleh pihak keluarga dibawa untuk berobat kerumah sakit swasta yang ada di Kota Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Barulah dari rumah sakit swasta dirujuk ke RSUD Melawi pada subuh dini pada hari Senin (26/4/2021).

“Saat dibawa ke RSUD, pasien langsung kita tangani diruangan ICU. Namun sore harinya meninggal dunia,” tukasnya.

Koordinator Tagana Melawi, Adang Wahyudi mengungkapkan bahwa tim Tagana menerjunkan sejumlah personilnya untuk membantu kelancaran proses pemakaman dan dibantu oleh Tim Satgas Gugus Tugas COVID-19 lainnya.

“Ketika dapat informasi dan instruksi dari Tim Gugus Tugas. Kami langsung bergerak malam tadi. Dan Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar,” bebernya

Penulis : Dea Kusumah
Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed