by

PT KBM KBK Sosialisasikan Pencegahan Karhutla di Desa Madak

Sambas, Media Kalbar -Guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), PT Karya Boga Mitra dan PT Karya Boga Kusuma (KBM KBK) melakukan sosialisasi pencegahan di Dusun Kajang, Desa Madak, Kecamatan Subah, Selasa 22 Agustus 2023.

Sosialisasi pencegahan Karhutla tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimcam Subah, Pemdes Madak, TNI-Polri, Manggala Agni, dan masyarakat adat di Desa Madak. Selain sosialisasi, juga dilakukan simulasi pemadaman kebakaran oleh pemadam kebakaran PT KBM KBK.

Camat Subah, Rita Ahie mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan masyarakat Desa Madak tentang pencegahan Karhutla, yang mana mereka sebagian besar adalah peladang tradisional.

“Saya harap semua perusahaan sawit di Kecamatan Subah mengadakan sosialisasi pencegahan Karhutla secara berkala. Saya bangga melihat karyawan PT KBM KBK, mereka secara kompeten bisa mensimulasikan penanganan Karhutla,” ujarnya.

Rita Ahie berharap, keterampilan yang dimiliki karyawan PT KBM KBK bisa diandalkan jika terjadi Karhutla di wilayah konsesi mereka dan sekitarnya. Sebab, ia melihat belakangan ini kondisi cuaca sangat panas sehingga sangat memungkinkan terjadi Karhutla.

Sementara itu, Kepala Desa Madak, Nelson mengatakan masyarakat di sana sangat menyambut baik adanya sosialisasi pencegahan Karhutla yang dilakukan PT KBM KBK. Baginya, sosialisasi itu sangat bernilai untuk mengedukasi kepada masyarakat Desa Madak.

“Sosialisasi pencegahan Karhutla oleh perusahaan ini sangat mengedukasi masyarakat kami, terutama paparan aturan-aturan hukum tentang larangan membakar lahan yang disampaikan pihak kepolisian dari Polsek Subah,” ujarnya.

Nelson merasa sangat bersyukur sosialisasi pencegahan Karhutla tersebut bisa terlaksana dengan baik, aman dan lancar. Ia harap, pascasosialisasi, kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla semakin meningkat.

Terakhir, Askep Humas Legal PT KBM KBK, Suradi mengatakan, sosialisasi tersebut sangat penting untuk dilaksanakan guna mencegah Karhutla di wilayah mereka. Selain itu, demi menjaga sinergitas antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

“Program sosialisasi pencegahan Karhutla ini dilakukan setahun sekali oleh PT KBM KBK. Hal itu dilakukan guna meminimalisir bahaya dan kerugian akibat Karhutla. Baik itu kerugian materil maupun immaterial,” pungkasnya.(Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed