by

Puluhan Petani Plasma Segel Kantor PT. Sawit Abadi 5 Tuntut SHU

Sintang, Media Kalbar

Tanus Kepala Dusun Kebangak Desa Wirayuda, Kec. Ketungau Tengah dan Andrianus yang mewakili masyarakat petani plasma pada Selasa, 15 February 2022 pada media ini menyampaikan bahwa ada puluhan warga petani plasma PT. Kiara Sawit Abadi 5 mengadakan penyegelan kantor PT. KSA 5, buntut dari rasa kecewa yang selama kurang lebih dari 10 tahun terakhir ini bahwa dari SHU yang selama ini dinilai tidak berpihak ke masyarakat petani plasma.

sebagai kordinator aksi KADUS Kebangak, Tanus pada media ini mengatakan tuntutan masyarakat petani plasma, meminta supaya sisa hasil usaha diperjalas dengan segala rincian oprasionalnya, karena SHU yang sudah berjalan selama 10 tahun terakhir ini tidak ada penjelasan ke petani plasma terang Tanus.

Tanus juga mengatakan kalau koperasi pengilan abadi dinilai tidak sehat, karena koperasi ini tidak pernah melakukan rapat anggota tahunan, dan kepada pihak-pihak terkait supaya melakukan audit dan investigasi terhadap koperasi pengilan Abadi. Dan penyegelan kantor PT. Sawit Abadi 5 yang berada di Dusun Teludai Desa Wirayuda Kec. Ketungau Tengah, akan tetap kami lakukan sampai tuntutan masyarakat petani plasma bisa di akomodir oleh pihak perusahaan dan koperasi.

Ada 8 Dusun warga petani plasma yang hari ini ikut melakukan penyegelan kantor PT. Sawit Abadi 5 adapun 8 Dusun tersebut gabungan dari 4 Desa yaitu Desa Wirayuda, Desa Margahayu, Desa Argo Mulio, dan Desa Nanga Beloh. Terang Tanus.

PIhak perusahaan yaitu Maneger PT. KSA 5 Ginting saat dimintai tanggapannya tentang adanya penyegelan di kantornya mengatakan, kalau untuk saat ini tidak bisa langsung memberikan tanggapannya, menurut Ginting apa yang di tuntut oleh petani plasma akan disampaikan pada pihak manajemen pusat. (Sandy/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed