by

Resmikan Ruangan NICU, Karolin : Penting Untuk Rujukan Pasien Bayi

LANDAK, Media Kalbar

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa meresmikan operasional pelayanan gedung Neonatal Intensive Care Uni (NICU) dan kamar operasi modular Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak serta penyerahan bantuan gedung laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Provinsi Kalimantan Barat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak.

Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa gedung NICU merupakan ruang fasilitas yang diperuntukan bagi bayi-bayi yang memerlukan perawatan intensif seperti berat badan rendah, fungsi pernafasan kurang sempurna, prematur, mengalami kesulitan dalam persalinan, maupun menunjukan tanda-tanda mengkhawatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan, guna untuk terus menurunkan angka kematian pada bayi.

“Angka kematian ibu dan bayi memang terus menurun di Kabupaten Landak, tetapi ini belum ideal sehingga kita berharap masih bisa terus kita turunkan dari hulu hingga ke hilirnya. Hulunya mulai dari perawatan dan persiapan ibu yang hamil dan akan melahirkan, apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, maka NICU inilah fasilitas yang kita siapkan,” ucap Karolin saat memberikan sambutan, selasa (15/2).

Bupati Karolin menjelaskan dengan adanya ruangan NICU ini dapat memberikan pelayanan yang semakin baik di RSUD Landak, untuk itu dirinya meminta kepada para tenaga kesehatan di RSUD Landak untuk terus melakukan pengembangan diri dan menambah pengetahuannya.

“Alat-alat kesehatan ini sudah di desain untuk mempermudah para nakes rumah sakit dalam melaksnakan tugas, sehingga bayi-bayi yang dirujuk ke RSUD Landak seperti contohnya bayi premature bisa bertahan. Demikian juga para nakes yang sudah dilatih tentu skillnya harus lebih dibanding dengan yang ada di ruang perinatology, sehingga baru bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Karolin.

Bupati Landak menerangkan bahwa untuk ruangan NICU juga ada pada rumah sakit di Pontiana namun dengan adanya ruangan NICU di Kabupaten Landak ini bisa menjadi alternatif rujukan bagi masyarakat yang ada di luar Kabupaten Landak.

“Untuk NICU ini yang paling dekat dari Landak areanya hanya di Pontianak saja, semoga dengan adanya ruangan NICU di Kabupaten Landak bisa menjadi alternaif rujukan pada wilayah di luar Landak seperti Bangkayang, Sanggau ataupun Sekadau,” terang Karolin. (MC/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed