by

Ria Norsan: Sangat Baik Peran UMKM Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Kalbar

PONTIANAK, Media Kalbar

Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., menyampaikan bahwa peran umkm dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kalbar sangat baik.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi Seminar Nasional dengan mengusung tema “Penguatan UMKM Pasca Pandemi Covid-19 Menuju Kemandirian Ekonomi” yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia DPW Kalbar di Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Selasa (31/5).

Seminar tersebut turut dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia Kalbar, Dr. H. Bustami, S.E., M.Si., Ketua Komisariat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia Kalbar, Rasiam, S.EI., MA., dan Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar beserta para Pelaku UMKM Kalbar.

Wagub Ria Norsan mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kalbar pada kumulatif sampai triwulan I 2022 mengindikasikan keberhasilan yaitu sebesar 4,05%.

“Peran aktif dari para Pelaku UMKM di Kalbar, dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kalbar dan ini sangat baik sekali, selain itu PDRB kita juga menjadi meningkat,” kata H. Ria Norsan di depan para Pelaku UMKM.

Wagub juga menyampaikan langkah Pemerintah Provinsi Kalbar dalam memberdayakan UMKM yakni dengan melakukan pengembangan aplikasi Belanja Langsung Online Kalbar (BelaOK) untuk mewujudkan prinsip pengadaan barang/jasa yang lebih efisien dan efektif.

“Kepada para pelaku UMKM yang telah bergabung dalam aplikasi BelaOK, harus rajin memantau secara berkala toko daring tersebut, untuk UMKM yang belum bergabung diharapkan dapat meningkatkan produksi dan menjamin ketersediaan barang terlebih dahulu,” jelas H. Ria Norsan.

Menutup sambutannya, beliau berharap para Pelaku UMKM dapat mempersiapkan dan turut memelihara iklim investasi daerah agar UMKM Kalbar dapat naik kelas.

“UMKM sudah terbukti mampu menjadi penyelamat ekonomi di saat krisis pandemi Covid-19, sehingga Kalbar dapat menuju kemandirian ekonomi,” tutup Wagub. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed