by

Serahkan Bantuan Pangan, Airlangga Bantah Politisasi Bansos Jelang Pemilu 2024

Kubu Raya,  Media Kalbar

Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara terkait pernyataan Capres Ganjar Pranowo mengenai adanya politisasi bantuan sosial (Bansos) sekarang ini.

Airlangga membantah bahwa ada politisasi Bansos menjelang Pemilu atau Pilpres 2024. Ia mengatakan bahwa program Bansos merupakan program pemerintah yang sudah berjalan sejak Pandemi Covid-19. “Program Bansos seperti tadi saya katakan ini adalah program pemerintah, sekali lagi program Bansos adalah program pemerintah, diputuskan di dalam rapat kabinet, dan program Bansos ini sudah berjalan sejak Covid,” kata Airlangga usai membagikan bantuan pangan pemerintah di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, (18/1/2024).

Bantuan sosial yang disalurkan itu kata Airlangga yakni Bansos Sembako, PKH, BLT untuk pedagang kaki lima dan juga untuk nelayan.

Oleh karenanya kata Airlangga pembagian Bansos yang dilakukan oleh pemerintah tersebut sama sekali tidak ada unsur politiknya. Bansos murni untuk meringankan beban hidup masyarakat.

“Program ini ada politik? nggak ada politik, program ini adalah untuk kesejahteraan rakyat, untuk menekan inflasi, mendorong daya beli masyarakat, dan tadi ditanya masyarakat membutuhkan, dan tentu bantuan pemerintah itu tidak bisa berhenti hanya karena ada Pemilu,” katanya.

Airlangga juga merespon soal tudingan Ganjar yang menyebut bahwa Bansos diklaim sebagai bantuan individual oleh kubu petahana padahal merupakan bantuan nasional. Airlangga menanyakan siapa individual yang dimaksud tersebut.

“Saya tanya siapa individunya. Karena ini kan jelas program pemerintah, kalau Bansos individu mungkin bansos Caleg,” katanya. (Dian/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed