by

Siapkan Anak Bahagia Dunia Akhirat Melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Quran

Pontianak, Media Kalbar

Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Darussalam Pontianak Timur program rutin yakni pembiasaan membaca al-Quran sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kegiatan ini diikuti siswa-siswi yang dibimbing oleh guru, Senin (01/08/2023).

Menurut Ketua LPI Darussalam H. Ahmad Bustomi, S.Fil.I, M.Pd.I. “Program pembiasaan membaca al-Quran diharapkan siswa-siswi Madrasah Darussalam menjadi generasi Qurani yang tentunya juga menjadi dambaan dan harapan setiap orangtua pada anak-anaknya. Dengan anak-anak dibiasakan membaca al-Quran akan menjadi pribadi yang shalih dan shalihah, dengan berpegang teguh pada al-Quran, yang kelak anak-anak masa depannya menjadi berguna bagi agama, keluarga dan bangsa”.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa al-Quran merupakan pedoman hidup bagi manusia. Dengan berpegang teguh pada al-Quran dan menjadikannya sebagai rujukan dalam setiap urusan kehidupan, niscaya anak-anak akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat karena barokah membaca al-Quran”, tegasnya.

Lebih lanjut H. Ahmad Bustomi menambahkan bahwa pada semester ini, Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Darussalam selain program tahfidz juz 30 (Juz Amma) akan ditambah program pembiasaan membaca al-Quran dengan menggunakan Metode Qurani Sidogiri (MQS) merupakan salah satu program unggulan di Madrasah Ibtidaiyah yang dibimbing oleh Ustadz Muhammad Imron beliau juga adalah guru Pondok Pesantren Sidogiri Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. “Sedangkan untuk siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah program unggulannya adalah Metode Cepat untuk Bisa Baca Kitab Kuning. Penguasaan dan hafalan Nadhom Kitab Aqidatul Awam yang dibimbing langsung oleh Ustadz Abdurrasyid beliau alumni Santri Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, yakni, lembaga pendidikan salaf yang konsen pada pembekalan aqidah, syariah dan akhlaq Ahlisunnah wal Jamaah. Yang sengaja kami datangkan untuk memberikan bimbingan belajar Metode Al-Miftah”, jelas H. Ahmad Bustomi, yang saat ini sebagai Bakal Calon Legislatif DPRD Kota Pontianak Partai Gerindra Daerah Pemilihan 4 Kecamatan Pontianak Timur tahun 2024.

Menurut Waka Kesiswaan Madrasah Ibtidaiyah Darussalam, Mustafa, S.Ag, M.Pd mengatakan bahwa Pembiasaan dalam membaca al-Quran ini sangat penting karena dengan pembiasaan membaca al-Quran sejak dini, maka akan menjadi kebiasaan hingga anak beranjak dewasa. “Dengan kegiatan seperti ini juga orangtua pun akan bangga sebab anak-anaknya terbiasa membaca al-Quran”. Katanya.

Ia juga menambahkan tujuan pembiasan membaca al-Quran adalah untuk menumbuhkan pada diri siswa-siswi akan cinta terhadap al-Quran sebagai pegangan dan tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi akan meningkat kemampuan dalam membaca al-Quran. “Selain itu dengan membiasakan diri membaca al-Quran anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang akan mengukir prestasi dalam wujudkan generasi rabbani yang berakhlaqul qurani”, ungkap Mustafa. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed