by

Sisir Wilayah Perbatasan, Kadiv Keimigrasian Awasi Keberadaan Orang Asing dan Pelayanan Lintas Negara

Sambas, Media Kalbar

Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kanwil Kemenkumham Kalbar yang dipimpin Kadiv Keimigrasian, Tato Juliadin Hidayawan turun langsung ke wilayah perbatasan di Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Tato Juliadin menekankan untuk menjaga sinergi yang selama ini telah dibangun demi menjaga efektifitas tugas dan fungsi yang saling beririsan.

“Adanya Rapat ini diharapkan semakin menjalin sinergitas antar instansi dalam memberikan pengawasan keberasaan orang asing sehingga tercipta stabilitas keamanan terhadap ancaman pelanggaran oleh orang asing,” jelas Tato di Camar Bulan Resort, Desa Temajuk pada Kamis (15/09/22).

Kegiatan rapat Tim PORA ini dhadiri oleh Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian, Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas serta anggota Timpora Kec. Paloh Kabupaten Sambas, Kapolsek Paloh, Kepala KUA Paloh, Satuan Gabungan Intelijen Kodam XII tanjung Pura, Komandan Satgas Pamtas 645/Gty Temajuk, Komandan Pos angkatan Laut Temajuk, Kepala Posda BAIS TNI Sambas, Kepala Pos Bea Cukai, Kepala Pos KKP Temajuk, Camat Paloh dan Kepala Desa Temajuk.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan PLBT (Pos Lintas Batas Tradisional) Temajuk. Kadiv Keimigrasian langsung meninjau sarana dan prasarana Keimigrasian yang ada di PLBT Temajuk.

Sejauh ini, pelayanan perlintasan orang terakhir di bulan Maret 2020, selama masa Pandemi Covid-19 tidak terdapat perlintasan, dikarenakan border di Sematan (Malaysia) masih tutup sejak Pandemi Covid-19.

Rombongan kemudian bertolak meninjau titik 0 Temajuk perbatasan Indonesia-Malaysia tepatnya di Patok yang menjadi batas antara Indonesia-Malaysia berada sekitar 50m dari gerbang pintu masuk Malaysia (Pos Kawalan Sempadan Telok Melano).

Tato melakukan komunikasi dengan petugas yang berjaga di perbatasan Malaysia dan memberikan penguatan kepada pegawai yang bertugas diperbatasan untuk tetap semangat dan berintegritas dalam melaksanakan tugas di tengah keterbatasan yang ada.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, tato meninjau perlintasan WNA/WNI yang sudah mulai normal dan menyampaikan atensi khusus atas Surat Direktur Lalu Lintas Keimigrasian tentang Kemudahan Keimigrasian di Masa Pandemi Covid-19 untuk mendukung kembali Pertumbuhan Pariwisata Indonesia,

“Ketika perbatasan sudah dibuka beberapa Tempat Pemeriksaan Imigrasi termasuk PLBN Aruk sebagai pintu masuk orang asing subjek Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK)/ Bebas Visa Kunjungan (BVK) Khusus Wisata,” tegas Kadiv Keimigrasian kepada Jajaran.

Tato juga menyempatkan berdialog dan berinteraksi langsung dengan pelintas yang masuk dan keluar dari PLBN Aruk untuk memastikan kepuasan pelayanan yang diberikan Petugas Imigrasi di PLBN Aruk. Tak lupa, Ia juga bertukar informasi dengan instansi lain di PLBN Aruk agar sinergitas tetap terjalin dengan baik.

Terakhir ia memberi arahan sekaligus penguatan kepada seluruh pegawai Imigrasi di PLBN Aruk agar tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan pemeriksaan keimigrasian, serta tetap menjalankannya sesuai dengan aturan yang berlaku. (**/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed