by

Sosialisasi TOS Nusantara untuk Layanan Petikemas Pelindo Pontianak

Pontianak, Media Kalbar

Dalam rangka meningkatkan pelayanan petikemas, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak bersama PT IPC Petikemas mengadakan sosialisasi TOS (Terminal Operating System) Nusantara pada tanggal 22 Agustus 2023 di Golden Tulip Pontianak. Acara ini dihadiri oleh KSOP Kelas II Pontianak, DPC INSA Pontianak, beserta 10 Shipping Lines yang bergerak dibidang petikemas.

Dalam sambutannya, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi menyampaikan bahwa TOS Nusantara ini adalah produk dalam negeri yang merupakan pengembangan sistem eksisting yang ada untuk layanan petikemas di Pelabuhan Pontianak. Sistem ini dikembangkan secara terus menerus untuk meningkatkan layanan kepada customer, memberikan kemudahan, kecepatam, dan transparansi sehingga ditambahkan beberapa fitur baru yang memudahkan customer untuk melakukan aktifitas layanan petikemas dan kemudahan monitoring, tracing, tracking, dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi agar customer bisa dapat langsung menggunakan fitur-fitur baru tersebut sehingga langsung merasakan kemudahan-kemudahan yang didapatkan.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala KSOP Kelas II Pontianak, Mozes Imanuel Karaeng. Mozes dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai perwakilan pemerintah untuk kegiatan pelabuhan, ” kami sangat mendukung adanya sosialisasi TOS Nusantara ini, yang selalu kami dorong adalah bagaimana pelabuhan dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer agar nyaman, cepat, murah, dan lancar. Sesuai arahan Menko Marvest, bangsa ini akan terus berbenah menjadi lebih baik dengan cara membangun sistem yang lebih baik dan terus meningkatan pelayanan yang lebih baik lagi.” Katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Seperti yang kita ketahui bersama, sistem TOS Nusantara ini merupakan karya anak bangsa yang perlu kita banggakan, ternyata kita mampu membangun sistem tanpa harus membeli sistem dari luar.

Dalam sosialisasi ini dipaparkan, TOS Nusantara ini sebelumnya terdiri dari e-registration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-billing, dan e-care. Dan dalam penyempurnaan aplikasi TOS Nusantara  ada beberapa fitur tambahan baru yaitu fitur simplifikasi proses input coparn dan coreor, dimana hal ini dapat meningkatan akurasi data dan meminimalisir pemalsuan/expired DO secara automatis. Sedangkan untuk Shipping Lines, dengan adanya fitur ini akan mendapatkan kemudahan dalam monitoring pembayaran maupun pergerakan container. Fitur tambahan kedua yaitu e-confirmation, dimana proses konfirmasi RBM (Rencana Bongkar Muat) dan SEE (Stacking Extention Export) akan terekam secara sistem online real time sehingga Shipping Lines akan mendapatkan kemudahaan dalam mendapatkan dokumen pendukung secara digital yang meliputi discharge list, loading list, RBM, dan Pranota.

Selain fitur-fitur tersebut diatas, juga terdapat kemudahan lainnya yaitu kemudahan pengajuan restitusi, kemudahan koreksi nota secara online, dan transparansi dalam tracking prosesnya. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed