by

Sosok Bripda Novandro, Polisi Inspiratif Yang Relakan Motor Pribadinya Demi Selamatkan Warga

Kubu Raya, Media Kalbar

Aksi heroik yang dilakukan Bripda Muhammad Novandro anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kubu Raya yang merelakan motor pribadinya demi selamatkan nyawa masyarakat.

Kejadian tersebut terjadi di jembatan Kapuas Dua, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, pada Sabtu 30 Desember 2023 lalu. Novandro merelakan motornya menjadi pengganjal ban bus damri yang mengalami kerusakan demi mencegah kecelakaan sekaligus menyelamatkan banyak nyawa pengendara.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto melalui Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol R. Petit Wijaya membenarkan hal tersebut, bahwa ada sebuah bus damri yang mengalami kerusakan sehingga tak kuat menanjak dan mulai mundur.

“Saat itu jalanan lagi padat. Posisi bus damri itu mau naik di jembatan tiba-tiba mogok dan mundur. Kebetulan ada anggota kita lagi mengatur lalu lintas. Dari pada mundur dan memicu kecelakaan di bawah, dia inisiatif mengorbankan sepeda motornya untuk mengganjal ban bus damri tersebut,” jelasnya.

Jika saja Bripda Novandro tidak melakukan inisiatif, bisa dipastikan terjadi kecelakaan karena banyak pengendara di belakang bus damri yang tidak lagi memiliki ruang untuk menghindar serta adanya sebuah truk Pertamina yang membawa BBM.

“Berkat aksi heroik Novandro, bus damri itu pun benar-benar berhenti dan tidak lagi mundur. Sementara itu tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka akibat hal ini,” ucap Kabid Humas.

Kabid Humas berharap aksi Novandro memberikan inspirasi bagi anggota lainnya. Salah satunya sikap cekatan untuk mengambil tindakan diskresi jika menyangkut keselamatan orang banyak.

Bripda Novandro akan selalu menjadi inspirator bagi anggota yang lain. Di mana mementingkan kepentingan orang banyak.

“Apa yang dilakukan Bripda Muhammad Novandro patut diacungi jempol. Dia bisa berpikir cepat dalam situasi yang sangat genting demi menyelamatkan hidup banyak orang,” tutup Kabid Humas Kombes Pol R. Petit Wijaya. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed