by

Sungai Deras Akhirnya Resmi Ditetapkan jadi Desa Wisata di KKR

Kubu Raya, Media Kalbar

Upaya berbagai pihak untuk menjadikan Desa Sungai Deras sebagai salah satu desa wisata di Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya akhirnya terwujud.

Penetapan Desa Wisata Desa Sungai Deras ini di lakukan langsung oleh Bupati Kabupaten Kubu Raya,H.Mudah Mahendrawan SH Sabtu (10/04/2021).

Acara grand launching Desa Wisata Desa Sungai Deras ini dilang sungkan di Saung Wisata Nila desa setempat.

Selain Bupati,peresmian desa wisata juga dihadiri Direktur Pemasaran BANK Kalbar Drs.Dedi Supriadi beserta Rombongan.Anggota Komisi IV DPRD KKR.Anggota komisi II DPRD Kabupaten Kubu Raya

Asisten Perekonomian KKR.Kepala Organisasi Perangkat Daerah KKR.Ketua Asita Kalbar Yang mewakili.Ketua HPI Prop Kalbar Pimpinan PT.MAR
Pimpinan PT.RK Ketua S.OPHT Kalbar Camat Teluk Pakedai.M.Yusuf.S.Sos.M.Si
Koramil Teluk Pakedai Lettu Kav Prasetyo.Kapolsek Teluk Pakedai IPDA SIHAR LTN SH.Genpi Kalbar /KKR Putra putri Indonesi dan perwakilan FKPD lainnya.

Acara peresmian juga dihadiri hampir semua kepala SKPD, Muspika dan,Muspida Kecamatan Teluk Pakedai dan Kepala Desa se-Kecamatan Teluk Pakedai. Aparatur Desa Sungai Deras.dari Tingkat RT/RW/Dusun dan BPD serta Para Undangan yang hadir.

Acara peresmian Desa Wisata Desa Sungai Deras ditandai dengan pemukulan Kentongan oleh H.Muda Mahendrawan.Kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan Prasasti Desa Wisata oleh Bupati dan jajaran FKPD yang hadir dalam acara tersebut.

Saat menyampaikan sambutan di hadapan para undang yang hadir,Bupati Muda Mahendrawan mengaku bangga,lantaran di Kabupaten Kubu Raya cukup banyak desa wisata yang terbentuk dari gagasan, inisiatif dan kreatifitas dari masyarakat.

Dia juga mengatakan Desa Wisata,Sangat berpotensi yang sedang dikembang kan oleh Desa Desa yang lain,Yang ada dikubu raya ini,agar Desa bisa memberikan nilai tambah untuk masyarakat nya itu sendiri.”Katanya.

“Saya melihat Desa sungai deras yang berada di Dusun Gunung Ambawang ini,ternyata menyimpan Panorama Alam yang dapat membuat pelancong tertarik untuk berkunjung.”ucapnya.

Panorama itu berupa ekowisata yang mulai digencarkan dan untuk disosialisasikan ke masyarakat luas, oleh pihak Desa sungai deras dengan kondisi kawasan yang masih luas,serta air terjun yang berada di dusun Gunung Ambawang dan layak untuk potensi Wisata Alam yang dapat dikembangkan.”Tandasnya.

Muda berharap agar Desa sungai Deras,terutama Dusun gunung Ambawang menjadi Desa Wisata alam yang bisa memberikan Konstribusi PAD,nilai tambah untuk Desa nya itu sendiri.”Haranya.

Sebuah Desa yang diperkuat dengan Aikon titik wisata yang luar biasa.Muda berharap, agar Desa Sungai deras,kecamatan Teluk Pakedai ini,terutama dusun Gunung ambawang menjadi Desa Wisata alam yang indah.Ujarnya.

“Selaku Bupati,dia mendukung penuh dijadikannya Desa Sungai Deras,Kecamatan Teluk Pakedai sebagai salah satu Desa wisata.Sebab,potensi yang ada di sana memang layak dipromosikan untuk mendatangkan wisatawan.

“Potensi di Desa Sungai Deras, khususnya cagar budaya tidak terdapat di desa lainnya Yan ada di KKR.” Oleh sebab itu,potensi tersebut sangat layak dijadikan salah satu andalan pariwisata Kabupaten Kubu Raya pada masa mendatang.Oleh sebab itu,saya mendukung penuh dijadikannya Desa Sungai Deras sebagai desa wisata,”kata Muda.

Dalam kesempatan itu,Dua anggota Dewan legislatif Kabupaten Kubu Raya dari komisi Empat DPRD Kabupaten Kubu raya.Bagus Prasetyo,S.Ip dan Herianto dari Komisi Dua Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya.

Kepa sejumlah wartawan dia mengatakan akan membantu menyiapkan sarana pendukung.Terutama,perbaikan akses jalan menuju wisata Desa Sungai Deras supaya memudahkan bagi pengunjung yang akan datang ke sana.”katanya.

“Beberapa ruas jalan menuju Desa sungai Deras masih ada yang kurang bagus kondisinya.Nanti kita akan coba mencarikan Program sumber sumber dananya,untuk perbaikan jalan itu akan kita prioritaskan untuk meningkatkan roda perekonomian sekaligus menunjang desa wisata,”jelasnya.

“Sementara Kepala Desa Sungai Deras Slamet Karyanto saat di temui sejumlah wartawan di sela sela kesibukannya di lokasi wisata Alam saung Nila usai acar eresmia Desa wisata dia Mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan Semua elemen masyarakat yang telah mendukung atas kelancaran acara peresmian Desa Wisata.

Mudah mudahan dengan adanya Bupati Yang telah meresmikan Desa Sungai Derasmenjadi Desa wisata Desa sungai deras bisa lebih maju kedepannya.”Harapannya.

“Dan harapan saya dari pihak Pemerintah agar lebih peduli lagi dengan akses jalan dan sebagainya mendukung wisata yang ada di Dusun Gunung Desa sungai Deras”Tandasnya.

Slamet juga memaparkan disini ada beberapa Jenis Wisata di antaranya.ada Air terjun mandiri.dibawahnya ada wisata alam indah lestari,disini wisata alam saung Nila.maju di sebelahnya ada wisata batu kapal.ada batu tingkat Empat ada lesehan saung ikan nila ada batu bendera banyak sekali dan yang terakhir Batu Gua yang sedang kita gali saat ini.

Wisata yang ada disini baru dibuka sekitar Enam bulan yang lalu karna kita setelah mengadakan studi banding di Desa Leret Kecamatan ulalang alamnya lebih indah di Desa Sungai Deras ini.”Katnya.

Makanya saya berani.membuka idukasi Desa wisata ini dia juga menjelaskan untuk sementara bantuan dari pihak ketiga belum ada dan ini murni dari swadaya masyarakat.jadi kita tunjukkan dulu kepada pemerintah bahwa kita mampu dan Pemerintah nanti harus ikut ambil bagian dalam pembangunan ini.Dengan adanya Desa wisata ini mudah mudah akan menjadi berkah,”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed