by

Syarat Wajib Harus PCR Kalau Ke Kalbar, Ini Alasan Dan Pertimbangannya

Pontianak, Media Kalbar

Pemerintah Provinsi Kalbar tetap memberlakukan syarat wajib uji swab RT PCR Negatif untuk masuk ke Kalimantan Barat baik menggunakan Pesawat, Kapal Laut ataupun melalui jalur darat. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dr. H. Harisson, M. Kes., menyampaikan alasan dan pertimbangannya.

“Pertimbangan yang mendasari kenapa masuk KALBAR penumpang wajib vaksinasi 1 dan tes swabs berbasis RT- PCR Negatif adalah, Tes RT-PCR sangat sensitif untuk mendeteksi virus corona atau Covid-19.” kata Harisson di Pontianak, Rabu (3/11/21) malam.

Sementara lanjut Harisson, Kalau Antigen hanya mampu mendeteksi pada Ct value 25 kebawah, sedangkan Ct value > 25 hasil tes antigen negatif, padahal dengan nilai Ct >25 seseorang bersifat infeksius, mampu menularkan virus yang dibawa nya ke orang lain.

“Dengan keadaan kondisi penumpang dalam pesawat, bus atau kapal atau kendaraan umum lain dimana prokes jaga jarak tidak dapat dipenuhi dan berada dalam ruangan dalam jangka waktu lebih dari 1 jam dengan sirkulasi udara yang tidak baik tentu nya akan sangat berisiko untuk terjadi nya penularan virus corona atau Covid-19.” jelas Harisson.

Ditambahkan, Bila penumpang sampai tertular tentu nya sesampainya di Kalbar mereka akan segera menularkan virusnya ke keluarga atau warga yang berada disekitar nya. (amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed