by

Tiga Orang Meninggal, Landak Siapkan Untuk KLB Rabies

Pontianak, Media Kalbar

Pj Bupati Landak, Samuel menyampaikan Pemkab Landak akan segera naikkan status KLB Rabies, mengingat sudah 3 orang meninggal karena gigitan anjing Rabies.

“Hingga Mei 2023 ada 447 orang yang dilaporkan gigitan anjing rabies, kematian ada 3 orang.” Kata Samuel di sela-sela mengikuti Rakor Penanggulangan Rabies di Hotel Mahkota Pontianak, Rabu (14/6).

Dikatakan juga bahwa jumlah populasi anjing di Kabupaten Landak 41.006 ekor terbanyak se Kalbar, yang sudah di vaksin baru 5.019 ekor, untuk capai 70 % masih kurang 28.000 ekor, “sementara vaksin sudah menipis di Kabupaten Landak, ada juga beberapa tempat yang masyarakatnya menolak untuk anjingnya di vaksin.” Ungkap Samuel.

Disamping itu kata Samuel, keterbatasan SDM, dimana di Landak hanya 5 orang nakesnya dan 18 orang teknis, “maka kita koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menbantu vaksinasi anjing.” Ujanya.

“Kita Imbau kepada warga masyarakat jangan anjing dipelihara liar dan mau divaksin, Sosialisasi ke masyarakat terus kita lakukan.” Pungkas Samuel.

Selain itu ia berharap dengan adanya rakor penanggulangan Rabies ini bisa memetakan persoalan rabies di lapangan, vaksin ditambah dan upaya-upaya penanggulangan di daerah. “Kabupaten Landak kita akan tentukan KLB.” Tegasnya lagi. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed