by

Tim Kesehatan Kerahkan 59 Personil selama Pembukaan dan Penutupan Pelaksanaan MTQ Ke-XXIX Kalbar

SINTANG, MEDIA KALBAR- Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat akan diselenggarakan pada 11-17 Desember 2021, selama pelaksanaan MTQ tersebut Tim Kesehatan siap tanggap berikan pelayanan bagi seluruh Kafilah dan Dewan Hakim yang mengikuti penyelenggaraan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021.
Seperti yang diungkapkan oleh Nursyamsiah pada Minggu ( 05/12/2021 ) Anggota dari Seksi Kesehatan Panitia MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021 yang juga selaku Humas Tim Kesehatan MTQ mengatakan bahwa tim kesehatan siap tanggap dari mulai kegiatan pembukaan hingga penutupan MTQ.
“Kita tim kesehatan sudah siap, dengan menurunkan tenaga sebanyak 59 orang yang terdiri dari, 9 orang Dokter Umum, 10 Orang Keperawatan/Profesi, 36 orang Keperawatan/Kebidanan dan 4 orang supir Ambulance yang kita ambil tenaga dari Rumah Sakit Umum Daerah Ade M. Djoen, Public Safety Center (PSC) Dinas Kesehatan, Puskesmas Tanjungpuri, Puskesmas Sungai Durian, Puskesmas Dara Juanti dan Petugas Labkesda”, ujarnya.
Nursyamsiah menjelaskan komposisi para petugas yang akan tetap berada ditempat untuk memberikan pelayanan kesehatan jika ada kendala pada kesehatan para Kafilah.
“Tempat pelaksanaan MTQ ini ada 7 lokasi, nantinya disetiap lokasi tersebut kita letakkan 2 orang, dengan 1 orang perawat, 1 orang petugas protokol kesehatan, jadi totalnya ada 14 orang yang kita tugaskan dan tetap berada ditempat sampai waktu tugasnya,” jelasnya.
Kemudian, sambung Nursyamsiah menambahkan bahwa kendaraan evakuasi atau ambulance juga telah disiapkan oleh Tim Kesehatan.
“Terkait ambulance kita sudah siap, akan tetapi ambulance tersebut kita siapkan di Posko, yang dimana posko kita itu berada di Rumah Adat Melayu Sintang, posko tersebut 24 jam, dengan komposisi petugas standby 1 orang dokter, 2 orang perawat, 1 orang supir, dibagi menjadi pagi, sore dan malam secara bergiliran,” tambahnya.
Masih kata Nursyamsiah bahwa Tim Kesehatan berjaga dan tetap berada di Arena Utama Panggung yang berada di Stadion Baning pada saat kegiatan Pembukaan MTQ dan Penutupan MTQ.
“Untuk acara pembukaan dan penutupan kita kerahkan seluruh personil, dari 59 personil, kita kerahkan 55 personil berada di arena panggung utama, 4 orangnya kita tugaskan untuk berjaga di Posko Kesehatan di Rumah Melayu, mengingat pada saat acara pembukaan & penutupan itu membutuhkan tenaga kesehatan yang cukup banyak, sehingga sejauh ini persiapan dari Tim Kesehatan sendiri sudah mencapai 80%,” terang Nursyamsiah.
Dirinya juga menegaskan bahwa semua proses mulai dari kedatangan hingga kepulangan para Kafilah dilakukan prosedur tetap Covid-19.
“Kita dibantu rekan-rekan dari Labkesda untuk melakukan pemeriksaan Swab kepada para Kafilah yang akan pulang setelah selesai pelaksanaan MTQ nanti, kita tekankan bahwa pelaksanaan MTQ ini dilakukan Protokol Kesehatan yang ketat dimana para Kafilah yang datang nanti harus membawa surat sudah vaksin yang terhubung dengan Aplikasi Peduli Lindungi, kemudian membawa hasil Swab PCR atau Antigen yang hasilnya Negatif, ” tegasnya. (Martin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed