by

Tingkatkan Perhatian Terhadap Keberadaan Orang Asing, Fokus Rakor Timpora Kabupaten Ketapang

KETAPANG, MEDIA KALBAR

Meningkatkan perhatian terhadap keberadaan orang asing di wilayah Kab. Ketapang menjadi fokus pada rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kabupaten Ketapang tahun 2023, yang diselenggarakan di Meeting Room Hotel Grand Zuri Ketapang, Rabu (10/5/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat, Tato Juliadin Hidayawan beserta jajaran, dan berbagai instansi yang tergabung dalam anggota Timpora Kabupaten Ketapang.

Kadivim dalam sambutannya menekankan bahwa setelah pandemi covid-19 gerbang pintu masuk orang asing dibuka kembali baik itu untuk tujuan wisata, kunjungan sosial, pendidikan maupun urusan bisnis dengan begitu penerapan visa pun mulai diterapkan. Maka kewaspadaan dalam penyalahgunaan visa oleh orang asing kembali harus menjadi perhatian.

Dalam kegiatan rapat koordinasi Timpora kali ini terdapat juga pemaparan materi dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kab. Ketapang. Kepala KPP Pratama Kab. Ketapang Edral Yulvan menyampaikan, kegiatan TIMPORA ini dinilai sangat bermanfaat untuk KPP Pratama sendiri sebagai wadah koordinasi data wajib pajak dengan imigrasi. Kemudian pemaparan materi dilanjutkan oleh Indra Aban Kukuh sebagai Kepala Seksi Pelayanan I KPP Pratama Ketapang.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Uti Ilmu Royen sebagai Pengawas Ketenagakerjaan Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Uti menjelaskan mengenai proses dan tahapan pengajuan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), pelaporan, pengawasan hingga sanksi denda administrasi bagi pemberi kerja yang melakukan pelanggaran.

Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi TIMPORA, dapat mengatasi permasalahan dan isu aktual yang menyangkut orang asing di Kab. Ketapang. Serta menjadi wadah komunikasi dan koordinasi antar instansi sesuai dengan tugas dan fungsi pengawasan di instansi masing-masing. Sehingga terjaganya kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed