by

TP. PKK dan GOW Melawi Tinjau Posyandu dan Berikan Vitamin A Ke Balita

Melawi, Mediakalbarnews.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Melawi bersama Gerakan Organisasi Wanita (GOW) lakukan Peninjauan Pelayanan Posyandu. Senin (16/8/21).

Ketua TP PKK Kabupaten Melawi Ny. Rasya Sarbina Dadi, SE.,M.A.P didampingi Ny. Rima Pramita, S.KM.,MM Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Melawi meninjau langsung kegiatan Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu ) Tanjung Permai di Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh dalam rangka bulan Vitamin A periode bulan Agustus. Diketahui khusus pemberian Vitamin A dalam 1 tahun sebanyak 2 kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

Rasya menyampaikan dalam kesempatan tersebut melakukan peninjauan dan sekaligus memberikan Vitamin A, sehubungan dengan bulan Vitamin A periode Agustus.

“ Hari ini kami memilih Posyandu Desa tanjung Tengang dalam rangka menyambut peringatan HUT RI 17 Agustus, sebagai strategi peran kami untuk memberikan pelayanan Kesehatan kepada ibu dan balita. Pemberian Vitamin A ini kami harapkan merupakan penambahan nutrisi untuk kembang anak, terutrama gizi bagi anak-anak, supaya anak-anak bisa menjadi anak yang sehat dan cerdas untuk Kabupaten Melawi, terutama untuk menurunkan angka rabun senja terhadap anak-anak kita yang ada di Kabupaten Melawi, “ ucapnya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Melawi juga mengatakan, dalam mensukseskan pemberian Vitamin A ini tidak hanya peran dari Pemerintah atau tenaga Kesehatan saja, tetapi harus bersama-sama bergandeng tangan penuh keharmonisan terkhusus untuk anak-anak di Kabupaten Melawi ini diusia 6 bulan sampai usia 59 bulan wajib menerima pemberian Vitamin A.

Rasya juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Melawi, terutama ibu-ibu yang mempunyai balita agar terus berperan aktif membawa anak-anaknya ke Posyandu setiap bulannya.

“ Terimakasih juga peran aktif dari para Camat dan Kepala Desa, tenaga kesehatan serta para kader Posyandunya yang terus bersama-sama mensosialisasikan dan merangkul masyarakat agar terus mensukseskan Kesehatan didalam perkembangan dan pertumbuhan anak di Kabupaten Melawi Ini. Kita bersama-sama disini bagaimana untuk mensosialisasikan bukan hanya individu masyarakat kabupaten Melawi, “ tutpnya.

Hal senada disampaikan oleh Ny. Rima Pramita, S.KM.,MM Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Melawi saat diwawancara media ini mengatakan bahwa kegiatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan ini sangat baik dan berharap setiap bulannya proses Posyandu tetap berjalan dengan lancar.

“ Kami bersama ibu Ketua TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa melaksanakan program rutin, terlebih pada bulan Agustus dan Februari merupakan bulan pemberian Vitamin A. Untuk teman-teman Kesehatan terus semangat untuk tetap menjalankan tugas, tetap setia untuk rutin mendampingi dan memantau setiap proses pelaksanaan Posyandu. Karena Posyandu merupakan unjung tombak pertama tingkat desa, karena dari peran-peran kader nakes ditingkat desa inilah menjaditolak ukur keberhasilkan suatu program Kesehatan. Kami juga titip pesan juga untuk desa berharap banyak dapat mensuport semua kegiatan yang berhubungan dengan Kesehatan, terutama Kesehatan Ibu dan Anak, dan juga Kader Kecamatan juga bisa rutin mmemantau setiap bulannya kekurangan, kendala yang ada dalam pelaksanaan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat, “ pesannya.

Secara ringkas Camat Nanga Pinoh Camat Sonten, S.Sos..M.Si dalam pidato sambutannya mengatakan, ” Tujuan kita untuk memberikan pelayanan dan vitamin A agar berjalan dengan lancar, berdasarkan bimbingan dari Puskesmas Nanga Pinoh, apabila kegiatan pembinaan PKK ke tingkat desa dijadwalkan dengan baik maka pembinaan kedepannya tetap akan berjalan dengan baik, ” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Tanjung Tengang Slamet Haryanto mengucapkan,” Terimakasih kepada Ibu Rasya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Melawi yang sempat hadir meninjau langsung kegiatan posyandu di desa kami,” ucapnya.

Hadir Camat Nanga Pinoh, Sonten, S.Sos..M.Si. Ketua TP. PKK Kecamatan Ibu Aminah. Ketua TP. PKK Desa Tanjung Tengang Suriyati. Kepala Puskesmas Nanga Pinoh dr. Indrakrisna Agung. P. Istri Setda Melawi. Istri Wakil Ketua I DPRD Melawi. Beserta para Mahasiswa KKU Muhammadiyah yang turut mensukseskan terlaksananya kegiatan di Kantor Desa Tanjung Tengang.

Dalam kegiatan tersebut para balita yang telah mendapatkan Vitamin A juga diberikan Souvenir berupa paket, Roti, puding, susu, telor dan pisang. Ketua TP. PKK Kabupaten Melawi juga sempat memberikan souvenir kapada Ibu dari balita yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan yang disampaikan.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed