by

Upacara Hari Pramuka Ke-62 Megah Menjadi Semangat Kwartir Kecamatan Sungai Kakap

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pramuka yang ke-62, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka kecamatan Sungai Kakap mengadakan Upacara di halaman Kantor Camat Sungai Kakap Senin(14/8/2023)Pagi.

Upacara tersebut dipimpin lansung oleh Camat Sungai Kakap Junaidi.S.Sos, ketua Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Sungai Kakap. dan di hadiri oleh segenap pengurus Pramuka tingkat Kecamatan Sungai Kakap dan ratusan siswa siswi dari tingkat SD, SMP, SMA yang tergabung dalam Gerakan Pramuka kegiatan upacara berjalan hikmat dan lancar.

Dalam suasana penuh semangat dan kebersamaan,mereka mengenakan seragam Pramuka lengkap dengan atribut seperti tanda pengenal, ikat kepala,dan tali Qur.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan pengibaran bendera Merah Putih dan Bendera Pramuka oleh anggota regu Pramuka yang terpilih.Selanjutnya,para peserta menyanyikan lagu-lagu Pramuka yang penuh makna dan semangat kebersamaan.

Camat Sungai Kakap,Junaidi.S.Sos dalam sambutannya mengajak generasi muda untuk mengambil inspirasi dari nilai-nilai kepramukaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dia juga mengapresiasi dedikasi para pemuda dan pemudi Pramuka dalam berkontribusi positif bagi masyarakat.”Katanya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan atraksi,Semaphore Dance Anak-anak Pramuka dari siswa SD negeri 39 Sungai Kakap dengan penuh semangat berpartisipasi dalam menunjukkan keterampilan mereka dalam kegiatan kepramukaan.

Upacara Hari Pramuka di Halaman Kantor Camat ini menjadi momen berharga dalam memupuk semangat kebersamaan, kepemimpinan,dan pengabdian kepada masyarakat.

Diharapkan,semangat ini akan terus tumbuh dan menginspirasi generasi muda untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan bertanggung jawab di masa depan.

Murhadi.S.Pd ketua Kwartir Ranting Gerakan Kepada awak media mengatakan Pada tahun ini memang kita sudah mempersiapkan dari sejak awal untuk persiapannya dalam menyambut pelaksanaan Upacara Hari Pramuka ke-62 pada tanggal 14 Agustus 2023.”Katanya.

Pada hari tersebut,kami akan mengadakan upacara di halaman kantor camat Sungai Kakap,di mana pak camat bertindak sebagai pembina upacara selaku ketua Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran)Gerakan Pramuka Sungai Kakap.”Terangnya.

Melalui perayaan ini,kami berharap Ranting Pramuka Sungai Kakap semakin kuat dan berhasil mencapai prestasi yang diharapkan.Selain Upacara Hari Pramuka,kami juga memiliki rencana khusus lainnya di Ranting Pramuka Sungai Kakap pada bulan Agustus 2023.Salah satunya adalah pelaksanaan Jambore Ranting yang akan berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023 di Desa Jeruju Besar.”Ujarnya.

Kami berharap bahwa Jambore ini akan menjadi perayaan yang meriah bagi Pramuka Penggalang. Tujuannya adalah mendorong semua gugus depan di wilayah kerja Ranting Pramuka Sungai Kakap untuk aktif dan giat dalam melaksanakan latihan-latihan di pangkalan sekolah masing-masing.

Dengan semangat tersebut, kami berharap pelaksanaan Jambore Ranting yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar pada tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023.Harapnya.

Usai kegiatan Junaidi.S.Sos Camat Sungai Kakap ia mengatakan Alham Dulillah kegiatan hari ulangtahun gerakan Pramuka tahun 2023 baru selesai di laksanakan kebetulan di depan halaman kantor camat sungai kakap.”Katanya.

“Saya kata Junaidi merasa bangga karena hampir semua elemen Pramuka hadir dalam kegiatan ulang tahun Pramuka tahun ini dari tingkat SD.SMP.SMA nah ini jadi penting karena mengingat anak anak yang tergabung dalam gerakan Pramuka ini adalah generasi generasi yang unggul generasi generasi yang tangguh generasi generasi yang hebat generasi generasi yang kreatif.”Tuturnya.

“Sehingga dengan adanya peringatan seperti ini akan memberi dorongan semangat.kepada anak kita terus berkarya karena sesuai namanya Pramuka adalah kumpulan pemuda yang sanggup berkarya.”Ucapnya.

“Nah ini yang kami harapkan karena mengingat 10-20 tahun kedepan beliau beliau ini anak anak kita ini
akan jadi penerus kedepannya.
Dengan adanya pembekalan pengetahuan keterampilan drum Pramuka ini akan menambah pengetahuan mereka agar menjadi generasi penerus yang handal dan itu harapan kita,”Harapannya.

“Saya kata Junaidi atas nama pemerintah kecamatan mengucapkan selamat hari jadi Pramuka yang ke 62 semoga kegiatan ini terus berlanjut dan semoga anak-anak tergabung dalam Pramuka akan menjadi generasi penerus kecamatan sungai kakap yang membanggakan.”Pungkasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed