by

211 Usulan Masyarakat Pontianak Utara Pada Musrenbang 2025, Pj Walikota Ani Sopian Tekankan Empat Sektor

Pontianak,  Media Kalbar

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan Pontianak Utara tahun 2025 digelar. Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian, dimana ia  menerangkan, potensi pembangunan di Pontianak Utara akan berfokus pada empat sektor. Mulai dari sektor industri, pertanian, agro industri dan pergudangan.

“Empat hal ini yang akan kita fokuskan untuk pembangunan di Pontianak Utara. Saya harap ketika eksekusi ikut melibatkan komunitas setempat,” katanya usai membuka Musrenbang Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2025, di Aula Sejati CU Pancur Kasih, Jalan 28 Oktober, Rabu (31/1/2024).

Terdapat total 211 usulan masyarakat yang ditampung dalam Musrenbang Kecamatan Pontianak Utara.

“Belanja daerah dalam struktur APBD harus menyesuaikan kembali dengan peraturan berlaku. Prioritaskan belanja kebutuhan di wilayah,” ucapnya.

Dia juga mengingatkan seluruh jajarannya untuk memprioritaskan program kegiatan yang berfokus pada tiga urusan, yaitu pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrim, penurunan angka kemiskinan serta penurunan stunting.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak Firdaus Zar’in menilai pentingnya peran semua pemangku kebijakan dalam upaya pembangunan, termasuk masalah penurunan angka stunting dan pengentasan kemiskinan.

Menurutnya, pemerintah harus memberikan stimulus sehingga dapat memacu semangat masyarakat untuk berkembang secara mandiri.

“Pemerintah saja tidak cukup. Kita harus bersama-sama mengambil peran untuk membangun,” imbuhnya.

Sebelumnya pada Musrenbang RKPD Tahun 2025 yang mengangkat tema “Pemantapan Kolaborasi untuk pembangunan ekonomi inklusif menuju peningkatan produktifitas dan kesejahteraan “. Camat Pontianak Utara, Indrawan Tauhid, S.STP., M.Si dalam paparannya menjelaskan bahwa Ada total 211 usulan masyarakat yang ditampung dalam Musrenbang Kecamatan Pontianak Utara. ” 211 tersebut, dibagi menjadi tiga bidang. Di antaranya 81 usulan bidang infrastruktur, 64 usulan bidang ekonomi dan 66 usulan bidang sumber daya alam.” Ungkap Indrawan Tauhid.

Sementara menurut Camat Pontianak Utara ini untuk masalah yang dihadapi adalah keterbatasan Sumber daya alam, SDM yang berkualitas, permodalan UMKM.

Disisi lain juga angka kemiskinan masih tinggi di Pontianak Utara, Ia berharap apa yang dibahas dalam Musrenbang bisa menjawab program yang bisa di harapkan dalam 4 sektor yang disampaikan Pj Walikota Pontianak untuk kemajuan Pontianak Utara.

Musrenbang RKPD Tahun 2025 Kecamatan Pontianak Utara tersebut dihadiri Pj. Walikota Pontianak, Wakil Ketua DPRD,  Anggota DPRD Dapil Pontianak Utara antaranya Emiliana TB, Mardiana, Sahrul, Yogi Perdana Putra,  Siti Rukaesih, Pejabat OPD Kota Pontianak,  Camat Se Kota Pontianak, Lurah Se Kecamatan Pontianak Utara, LPM, RW, RT, Tokoh Masyarakat, peserta dan undangan lainnya.

Hasil dari Musrenbang tersebut selanjutnya akan dibawa ke Musrenbang Tingkat Kota Pontianak. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed