by

61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalbar Diresmikan Menkumham

Pontianak, Media Kalbar

Sebanyak 61 Desa/Kelurahan di Provinsi Kalimantan Barat menerima penghargaan Anubhawa Sasana dalam kegiatan peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (28/11).

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menyamapaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Barat Harrison serta masyarakat Kota Pontianak dan Kalimantan Barat, yang selama ini telah memberikan dukungan dan bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat sehingga memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsi, khususnya dalam program peningkatan kesadaran hukum masyarakat melalui Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

“ Saya menyadari tidak mudah untuk mencapai predikat Desa/Kelurahan Sadar Hukum, karena harus memenuhi beberapa kriteria dan indikator penilaian indeks desa/kelurahan yang sangat kompleks sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum dan Surat Edaran Kepala BPHN Nomor : PHN-HN.04.04-01 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum (DSH/KSH),” ucap Yasonna.

Menkumham menyampaikan pelaksanaan kegiatan Peresmian 61 (enam puluh satu) Desa/Kelurahan Sadar Hukum Kalimantan Barat Tahun 2023 adalah suatu pencapaian besar dan wujud adanya sinergi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Barat. Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum, merupakan sebuah prestasi dan hasil kerja nyata dari Pemerintah Daerah melalui pelaksanaan pembinaan kelompok keluarga sadar hukum (KADARKUM), pengembangan desa/kelurahan binaan sampai dengan terbentuknya desa/kelurahan sadar hukum.

“ Peningkatan kesadaran hukum masyarakat merupakan salah satu modal besar bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan global. Karena suatu daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan Komitmen Pemerintah untuk terus melakukan upaya peningkatan dan pembenahan salah satunya dalam sektor investasi /kemudahan berusaha (Ease Of Doing Business) sebagai modal dalam menghadapi era masyarakat dan industri 5.0 (five point o) dengan jalan melakukan penguatan melalui berbagai bentuk kerjasama sebagai salah satu hal yang harus ditempuh oleh setiap negara untuk meningkatkan perekonomian. Hal ini diyakini akan dapat mendukung upaya kita sebagai salah satu “Epicentrum of Growth” di kawasan ASEAN, Indonesia harus terus memperkuat kerjasama konkret, menggelar berbagai kerjasama sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ucap Menkumham.

“ Pada hari ini saya meresmikan 61 (enam puluh satu) Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang tersebar di 30 (tiga puluh) Kecamatan pada 8 (delapan) Wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat. Semoga dengan peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum tahun 2023 ini, akan semakin meningkatkan kinerja, integritas dan berkontribusi membangun hukum di Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan hukum nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tetap menjaga Netralitas dan Profesionalitas sebagai Aparatur Sipil Negara dalam menyambut Pesta Demokrasi Pemilu 2024”.

“ Saya perlu mengingatkan dan menghimbau Bapak/Ibu dan Hadirin sekalian untuk tetap melakukan Pemantauan dan Pembinaan berkelanjutan terhadap Desa/Kelurahan yang telah berstatus Desa/Kelurahan Sadar Hukum. Karena status atau predikat Desa/Kelurahan Sadar Hukum sesuai aturan dapat dicabut atau ditinjau kembali apabila kondisi di lapangan sudah tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,” tutup Menkumham Yasonna H. Laoly pada sambutan Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Pj Gubernur Kalbar, dr. Harisson,  dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalimantan Barat. Harisson mengaharapkan acara ini menghasilkan manfaat besar terutama dalam memacu prestasi semua Kepala Desa/Lurah di wilayah Kalimantan Barat agar dapat meraih penghargaan dan dapat bersaing secara sehat dalam membangun daerah dan wilayahnya. Memberikan motivasi dan dorongan kepada Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang telah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“ Saya mengapresiasi program Pembentukan dan Pembinaan Sekolah Sadar Hukum dan HAM di Provinsi Kalimantan Barat, yang fokus pada kalangan sekolah/pelajar sebagai generasi muda yang berperan penting dalam mendukung kesadaran hukum. Program ini diharapkan menjadi solusi komprehensif dalam mengatasi kenakalan remaja dan potensi kriminalitas, serta mewujudkan sekolah dengan prioritas supremasi hukum dan HAM. Hari ini, kita saksikan pengukuhan 6 sekolah binaan sadar hukum dan HAM di Provinsi Kalimantan Barat sebagai wujud nyata dari program tersebut,” tutup Pj. Gubernur.

Kepala Kantor Wilayah Kementerin Hukum dan HAM Kalimantan Barat Muhammad Tito Andrianto dalam laporannya mengatakan bahwa Sejak tahun 2011 hingga 2019, telah diresmikan 166 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalimantan Barat. Pada hari ini, akan diresmikan tambahan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum dari 30 Kecamatan dan 8 Kabupaten/Kota, sehingga totalnya menjadi 227 Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

“Mengawali laporan ini kami mengucapkan selamat datang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia di Kota Pontianak Bumi Khatulistiwa. Ucapan terima kasih yang setinggi- tingginya kami sampaikan kepada Bapak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia disela-sela kesibukan yang luar biasa Bapak Menteri beserta jajaran masih dapat meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini, dan hal ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami,” ucap Kakanwil.

Kakanwil dalam laporannya juga menambahkan bahwa Pada tahun 2023 ini pula, melalui Ajang Nasional yang diselenggarakan Badan Pembinaan Hukum Nasional yaitu Anugerah Paralegal Justice Award, oleh 2 (dua) orang lurah dari Kota Pontianak di provinsi Kalimantan Barat yakni Lurah Batu Layang Teguh Setiawan meraih penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) dan Junarta Lurah Bangka Belitung Laut meraih penghargaan Non Litigation Peacemaker (NLP).

Pada Kegiatan Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum pada hari ini juga memberikan piagam pengukuhan kepada 6 (enam) Sekolah yang telah mendapatkan kegiatan pembinaan dan pembentukan Sekolah Sadar Hukum dan HAM oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat serta telah memenuhi kriteria Sekolah Binaan Sadar Hukum dan HAM dan juga dilaksanakan Launching E-Book Panduan Pembentukan Sekolah Sadar Hukum dan HAM karya Para Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat sebagai Buku Panduan bagi kalangan sekolah untuk mulai membentuk Kelompok Pelajar Sadar Hukum dan HAM sebagai pondasi awal terbentuknya Sekolah Sadar Hukum dan HAM di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Tak lupa pula Kakanwil mengucapkan selamat kepada Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM Widodo Ekatjahjana yang hadir secara langsung di Pendopo Gubernur atas perolehan penghargaan prestisius Gatra Awards 2023 dalam kategori bidang Hukum sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi BPHN dalam mendorong transparansi, keterbukaan, dan pemberian akses keadilan bagi masyarakat kurang mampu dan kelompok rentan di Indonesia.

Daftar Penerima Piagam dan Medali Sekolah Sadar Hukum dan HAM

SMA N 1 Pontianak
SMA Swasta Kemala Bhayangkari Kubu Raya
SMK/SMTI Pontianak
SMP N 11 Pontianak
MTS N 2 Pontianak
SMP N 1 Sungai Raya

Paralegal Justice Award (PJA) : Teguh Setiawan (Lurah Batulayang)

Non Litigation Peacemaker (NLP) : Junarta (Lurah Bangka Belitung Laut)

Daftar Penerima Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum

1.Kelurahan Condong Singkawang

2. Kelurahan Jawa Singkawang

3. Kelurahan Sungai Wie Singkawang

4. Kelurahan Sekip LamaSingkawang

5. Kelurahan PasiranSingkawang

6. Kelurahan Kuala Singkawang

7. Kelurahan Melayu Singkawang

Kabupaten Ketapang

8. Desa Kuala Satong

9. Desa Mekar Jaya

10. Kelurahan Banjar

Kabupaten Kubu Raya

11. Kepala Desa Parit Baru

Kubu Raya

12.

Kepala Desa Teluk Kapuas

Kubu Raya

13.

Kepala Desa Sungai Raya

Kubu Raya

14.

Kepala Desa Rasau Jaya Umum

Kubu Raya

15.

Kepala Desa Rasau Jaya Tiga

Kubu Raya

16.

Kepala Desa Durian

Kubu Raya

17.

Kepala Desa Olak-Olak Kubu

Kubu Raya

18.

Kepala Desa Kubu

Kubu Raya

19.

Kepala Desa Jeruju Besar

Kubu Raya

20.

Kepala Desa Sungai Kupah

Kubu Raya

21.

Kepala Desa Punggur Besar

Kubu Raya

22.

Kepala Desa Sungai Kakap

Kubu Raya

23.

Kepala Desa Pematang Tujuh

Kubu Raya

Kabupaten Sekadau

24.

Kepala Desa Tapang Semadak

Sekadau

Kabupaten Sambas

25.

Kepala Desa Gugah Sejahtera

Sambas

26.

Kepala Desa Parit Baru

Sambas

27.

Kepala Desa Twi Mentibar

Sambas

28.

Kepala Desa Merubung

Sambas

29.

Kepala Desa Sebawi

Sambas

30.

Kepala Desa Sepuk Tanjung

Sambas

31.

Kepala Desa Sulung

Sambas

32.

Kepala Desa Setalik

Sambas

33.

Kepala Desa Mekar Jaya

Sambas

34.

Kepala Desa Dungun Perapakan

Sambas

35.

Kepala Desa Pangkalan Bemban

Sambas

36.

Kepala Desa Seranggam

Sambas

37.

Kepala Desa Sabaran

Sambas

38.

Kepala Desa Sendoyan

Sambas

39.

Kepala Desa Semanga

Sambas

40.

Kepala Desa Sekuduk

Sambas

41.

Kepala Desa Penakalan

Sambas

42.

Kepala Desa Kalimantan

Sambas

Kabupaten Mempawah

43.

Kelurahan Tengah

Mempawah

44.

Kelurahan Pulau Pedalaman

Mempawah

45.

Kepala Desa Sungai Burung

Mempawah

46.

Kepala Desa Parit Banjar

Mempawah

47.

Kepala Desa Wajok Hilir

Mempawah

48.

Kepala Desa Sejegi

Mempawah

Kabupaten Landak

49.

Kepala Desa Saham

Landak

50.

Kepala Desa Hilir Kantor

Landak

51.

Kepala Desa Sidas

Landak

52.

Kepala Desa Tebedak

Landak

53.

Kepala Desa Amboyo Utara

Landak

54.

Kepala Desa Amboyo Inti

Landak

55.

Kepala Desa Raja

Landak

Kabupaten Kayong Utara

56.

Kepala Desa Mata-Mata

Kayong Utara

57.

Kepala Desa Harapan Mulia

Kayong Utara

58.

Kepala Desa Benawai Agung

Kayong Utara

59.

Kepala Desa Pangkalan Buton

Kayong Utara

60.

Kepala Desa Telok Melano

Kayong Utara

61.

Kepala Desa Nipah Kuning

Kayong Utara

Gubernur, Bupati/walikota

No.

Desa/ Kelurahan

Kabupaten / Kota

1.

Gubernur Kalimantan Barat

Kalimantan Barat

2.

Walikota Singkawang

Kalimantan Barat

3.

Bupati Ketapang

Kalimantan Barat

4.

Bupati Kubu Raya

Kalimantan Barat

5.

Bupati Sekadau

Kalimantan Barat

6.

Bupati Sambas

Kalimantan Barat

7.

Bupati Mempawah

Kalimantan Barat

8.

Bupati Landak

Kalimantan Barat

9.

Bupati Kayong Utara

Kalimantan Barat

CAMAT

No.

Desa/ Kelurahan

Kabupaten / Kota

Kota Singkawang

1.

Camat Singkawang Tengah

Singkawang

2.

Camat Singkawang Barat

Singkawang

Kabupaten Ketapang

3.

Camat Matang Hilir Utara

Ketapang

4.

Camat Sungai Melayu Rayak

Ketapang

5.

Camat Benua Kayong

Ketapang

6.

Camat Sungai Raya

Kubu Raya

7.

Camat Rasau Jaya

Kubu Raya

8.

Camat Sungai Ambawang

Kubu Raya

9.

Camat Kubu

Kubu Raya

10.

Camat Sungai Kakap

Kubu Raya

Kabupaten Sekadau

11.

Camat Sekadau Hilir

Sekadau

Kabupaten Sambas

12.

Camat Pemangkat

Sambas

13.

Camat Salatiga

Sambas

14.

Camat Tekarang

Sambas

15.

Camat Sebawi

Sambas

16.

Camat Sejangkung

Sambas

17.

Camat Tebas

Sambas

18.

Camat Selakau

Sambas

19.

Camat Selakau Timur

Sambas

20.

Camat Jawai Selatan

Sambas

21.

Camat Paloh

Sambas

22.

Camat Sajad

Sambas

Kabupaten Mempawah

23.

Camat Segedong

Mempawah

24.

Camat Mempawah Timur

Mempawah

25.

Camat Jongkat

Mempawah

26.

Camat Mempawah Hilir

Mempawah

Kabupaten Landak

27.

Camat Sengah Temila

Landak

28.

Camat Ngabang

Landak

Kabupaten Kayong Utara

29.

Camat Sukadana

Kayong Utara

30.

Camat Simpang Hilir

Kayong Utara

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed