by

Antisipasi Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Ketua IDI Sambas : Stop Pemakaian Obat Sirup

Sambas, Media Kalbar – Berkenaan dengan adanya peningkatan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Atypical Progressive Acute Kidney Injury yang terjadi pada anak usia 0-18 tahun (mayoritas pada usia balita), Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sambas, dr.Ganjar Eko Prabowo menyikapi fenomena tersebut, untuk sementara kasus tersebut masih belum terdapat di Kabupaten Sambas.

Akan tetapi dr. Ganjar menyampaikan untuk sementara penggunaan obat sirup tersebut diberhentikan terlebih dahulu, sampai menunggu hasil dari Kementrian Kesehatan.

“Alhamdulillah Sambas masih belum ada, Fenomena akut kidney injury atau gagal ginjal akut pada anak anak adalah
Untuk sementara stop dahulu pemakaian obat sirup, untuk sementara waktu sampai investigasi dan penelitian dilakukan kementerian kesehatan,”kata dr.Ganjar, Kamis (20/10/2022)

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk tidak panik dan berpesan agar tidak menggunakan obat tanpa izin dari tenaga kesehatan.

“Masyarakat jangan panik dan jangan membeli sembarang obat tanpa izin atau diketahui tenaga kesehatan. Untuk tenaga kesehatan sebaiknya tidak meresepkan dalam bentuk obat cair atau Syrup,”ujarnya

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sambas, dr.Ganjar Eko Prabowo juga menyebutkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten,Rumah Sakit,Puskesmas sampai Polindes melakukan edukasi ke masyarakat.

“Tentang perlunya kewaspadaan orang tua dengan gejala turunnya volume dan frekwensi urin/kencing dengan ada atau tidaknya gejala demam, bila menemukan segera bawa ke fasilitas kesehatan,”ujarnya

Dirinya juga menyampaikan jika terjadi gejala segera mengedepankan pengobatan non farmakologis

“Jika timbul demam lebih mengedepankan pengobatan non farmakologis untuk sementara seperti minum air putih yang cukup,kompres, menggunakan pakaian tipis,jika ada tanda gejala bahaya dan belum membaik segera bawa ke fasilitas kesehatan.”pungkasnya (Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed