by

Buka Seminar Nasional Kebangsaan, Gubernur: Jaga Kondusifitas Demi Pembangunan Daerah Kalbar

PONTIANAK, Media Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., membuka secara resmi Seminar Nasional Kebangsaan dengan bertemakan “Moderasi Beragama Deradikalisme Sebagai Anti-Tesis Radikalisme dan Terorisme” di Hotel Golden Tulip Pontianak, Kamis (20/10/2022).

Selain membuka, Gubernur juga menjadi narasumber dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kerjasama dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Provinsi Kalbar yang sekaligus Memperingati Hari Santri Nasional.

“Saya berharap kondisi kalbar tetap seperti sekarang ini, nyaman, aman dan kondusif. Karena masih banyak aspek aspek yang perlu dibangun, mulai dari infrastruktur, indeks pembangunan manusia, angka kemiskinan dan lain – lain. Oleh karena itu perlu bersama menjaga kondusifitas daerah demi keberlangsungan pembangunan”, ujar Sutarmidji.

Gubernur Kalbar mencontohkan pembangunan jembatan korek Sungai Ambawang yang memakan biaya cukup besar, hal ini tak lain untuk mmbuka keterisoliran beberapa desa yang ada di wilayah tersebut.
“Ini sebenarnya bukan tanggung jawab sepenuhnya Pemerintah Provinsi, namun kami merasa ini perlu karena dapat mempercepat pembangunan di wilayah tersebut. Masyarakatnya banyak, juga ada beberapa pondok pesantren di sana. Sehingga sekarang, memudahkan akses menuju ke daerah tersebut dan semoga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Jangan semua diukur hanya dari kepentingan politik saja, tapi yang utama adalah kepentingan/kesejahteraan masyarakat. Ada waktunya berkompetisi, ada waktunya kita berdiskusi (berkolaborasi)”, tegas Mantan Walikota Pontianak 2 periode ini.

Menyangkut radikalisme, orang nomor satu di kalbar ini menyebut bahwa apabila masing – masing pribadi/golongan memahami arti toleransi dan kebersamaan, maka tidak akan menimbulkan miskomunikasi/gesekan di masyarakat.
“Agama apapun mengajarkan untuk menjaga hubungan baik antar pemeluknya. Agamamu untukmu, agamaku untukku,. Kemudian saya selalu berprinsip, sebagai seorang pemimpin kita harus tetap berlaku adil, kepada siapapun, tanpa membedakan SARA”, jelas Sutarmidji.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. H. Boy Rafli Amar, M.H., Ketua Umum DPP IPI, KH. K.M.T. Abdul Muhaimin, Ketua DPW IPI Kalbar, KH. Zuhdi, S.Pd.I., dan Ketua Komite IV DPD RI, H. Sukiryanto, S.Ag., beserta Forkopimda Kalbar.(adpim/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed