by

Desa Tanjung Saleh Gelar Musdes

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahunnya.

Menyikapi hal tersebut,Badan Musyawarah Desa(BPD)Desa tanjung saleh menyelenggarakan Musyawarah Desa(Musdes)penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa(RKPDes)Desa Tanjung Saleh Tahun Anggaran 2023 di aulah gedung Desa tanjung saleh, jum’At(29/7/ 2022).

Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh Kabit DPMD Kabupaten Kubu raya, Camat Sungai Kakap,Tenaga Ahli P3MD,Babinsa,Bhabinkantibmas,
Pendamping lokal Desa,Kepala Desa Tanjung Saleh bersama Perangkatnya,
Ketua BPD beserta anggotanya
,Ketua LPMD,Ketua TP-PKK,Ketua RT,dan ketua RW,Kepala Dusun,Forum Anak,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama dan Perwakilan Kelompok Perempuan.Serta Mahasiswa dari Iain

Musdes Kali ini dibuka oleh Ketua BPD Desa tanjung Saleh Husin.S dalam sambutannya dia mengatakan bahwa musdes ini adalah acara rutin tahunan dalam penyusun rencana kerja pemerintah desa dengan beberapa agenda penting terkait dengan persiapan penyusunan RKPDesa Desa Tanjung Saleh Tahun Anggaran 2023.
yakni Pencermatan RKPDesa Tahun Berjalan,Pencermatan Ulang RPJMDesa,Penyampaian Pandangan dan Pokok-Pokok Pikiran BPD, Pembacaan rekomendasi SDGs/IDM serta pembentukan Tim Penyusun RKPDesa Tanjung Saleh.Dalam pencermatan RKP Desa Tanjung saleh Tahun Anggaran 2022.

Yakni penyampaian realisasi RKP Desa 2022 oleh Kepala Desa Tanjung Saleh.
dia juga menjelaskan bahwa sebelum di laksanakannya musdes ini kami juga sudah melaksanakan musdus,”Katanya.

“Junaidi S Sos Camat Sungai Kakap dalam sambutannya dia mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Tanjung saleh dalam ke pemimpinan Syarif Muksin Alhiduan selama Dua priode dia memimpin banyak perubahan yang telah di lakukannya untuk mensejahtrakan masyarakatnya.

“Dari Desa berkebang menjadi Desa maju dan itu tidak mudah dan harapannya desa Tanjung saleh dalam waktu dekat ini bisa menjadi Desa mandiri itu harapnya.

Masih kata Junaidi Camat Sungai Kakap Alhamdulillah saya hari ini dapat menghadiri Musdes Tahun 2023 Desa Tanjung Saleh Kecamatan Sungai Kakap yang mana telah dapat melaksanakan Musdes berjalan aman tertib,dan Alhamdulillah Unsur-unsur pelaksanaan musyawarah Desa itu sendiri hadir.

“Artinya aturan terkait dengan musyawarah desa telah di jalankan oleh kepala Desa Tanjung saleh dengan baik,Unsur-unsur dalam pelaksanaan Musdes itu sendiri ada BPD,unsur Pemerintah,dan unsur masyarakat,unsur masyarakat di sini ada Bapak perwakilan dari Masyarkat

Kepala Dusun,tokoh agama,tokoh masyarakat juga hadir dalam proses musyawarah,ini sudah di atur dalam UU No.26 tahun 2014 pasal 57.kemudian kata Junaidi Camat Sungai Kakap di atur juga dalam permendagri 114 pasal 31 dan permendes 16 tahun 2019 .

“Saya turut bersyukur dan merasa bangga setelah menjalankan fungsi regulasi terkait masalah musyawarah desa itu sendiri,banyak usulan yang kita dengarkan tadi dari beberapa unsur termasuk urusan Ibu-ibu posyandu dan Alhamdulillah mungkin akan menjadi program prioritas di tahun 2023,”Ujarnya.

“Kami bersama pemerintah Kecamatan sungai kakap mengucapkan terimakasih kepada kepala Desa telah melakukan banyak perubahan di desa Tanjung saleh mudah mudahan desa Tanjung saleh akan menjadi desa maju dan akan berpotensi menjadi desa yang mandiri itu saya yang barangkali perlu saya sampaikan lebih kurangnya saya mohon maaf wabilahitopik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb.”Tandasnya.

“Sementara Kepala Desa Tanjung saleh Syarif Muksin Alhiduan mengatakan untuk usulan yang sangat prioritas yang telah kita sepakati dari Tiga Dusun adalah penerangan listrik dari Pemerintah dari PLN selama Dua Puluh Empat jam dan dimana saat ini masih Dua belas jam.”Katanya.

“Dan Alham dulillah Kata Syarif Muksin Alhiduan untuk usulan untuk sarana penerangan listrik dari Pemerintah Dua puluh Empat jam mendapat respon dari pemerintah pusat dan Isya Allah tahun ini juga akan terealisasi saya mewakili masyarakat Desa Tanjung salah merasaya bersyuku dan berterimaksih kepada Pemerintah Pusat.Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten atas terealisasinya Usulan kami ini .”Ucapnya.

“Selain itu Kata Syarif Muksin usulan yang sangat Prioritas yang masih kami usulkan dan yang kami harapkan adalah akses jalan poros penghubung.
Alhamdulillah kata Syarif Muksin untuk kemajuan di Desa Kami ini yang mana saat ini warga kami sudah dapat menggunakan kendaraan roda Dua dengan menggunakan jalur darat di tiga Dusun yang mana dulunya warga kami untuk melaksanakan aktipitas sehari hari menggunakan akses jalur air.”Paparnya.

Lebih lanjut di menjelaskan dan untuk program inspratruktur lainnya seperti sarana pertanian di karnakan di Desa kami daerah pesisir mayoritas warga kami adalah petani dan nelayan.dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah sarana dan prasarana perikanan seperti bahan bakar minyak bersubsidi yang sangat di butuhkan para nelayan saat ini.”Harapnya.

Masih pada waktu yang sama Husin.S Ketua BPD DesabTanjung saleh kepada sejumlah wartawan di mengatakan dari hasil MUSdes pada hari ini yang kita laksanakan banyak Usulan-Usulan dari masyarakat yang sangat Prioritas.Namun di jelaskannya dari semua usulan itu semuanya sangat Prioritas.”Katanya.

Tetapi yang sangat Prioritas yang kami usulkan adalah Akses Jalan Poros seperti Akses Jalan penghubung,bangunan Jembatan penghubung.karna itu preoritas utama dan jalan rambat beton yang ada di Dusun paret Pangeran itu rencana yang akan kami rehap.itu usulan yang pertama yang kami usulkan untuk menunjang Akses Jalan Penghubung.”Pungkasnya.(Tim/Mk.Is)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed