by

Dua Unit Speedboat Terbakar, Berikut Kronologinya

KUBU RAYA, Media Kalbar – Warga dihebohkan dengan peristiwa terbakarnya Dua Unit Spead Boat jenis Ertana 500 PK dan Spead Arsila Expres 200 PK di Lokasi Dermaga Pendi di Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Rasau Jaya.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Rasau Jaya, Iptu Setyo Pramulyanto SH kepada sejumlah awak media melalui Siaran Persnya pada hari Sabtu (7/5/2022).

“Telah terjadi kebaraan Dua Unit Spedaboat di Dermaga Pendi di Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Rasau Jaya yang mengakibatkan dua korban alami luka bakar ringan dan telah ditangani di RS Kubu Raya,” jelas Iptu Setyo Pramulyanto.

Peristiwa yang terjadi pada sekitar pukul 18.30 WIB tentu saja membuat kaget warga Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Rasau Jaya seperti yang disampaikan DS (22) warga Desa Rasau Jaya Umum Dusun Rasau Kota Kecamatan Rasau Jaya yang melihat peristiwa terbakarnya dua Speadboat tersebut.

“Pada saat itu saya sedang mengisi minyak BBM jenis Pertalite di spead 200 PK dengan menggunakan selang dari jerigen diatas Kap spead sebanyak 180 liter,” jelasnya.

Pada saat bersamaan FK yang merupakan pemilik Speadboat sedang berada di spead untuk membetulkan kabel aki yang dalam kondisi kendor, tiba-tiba kabel aki yang di lekatkan di aki adanya menimbulkan percikan api sehingga langsung menyambar uap BBM yang sedang diisi mengakibatkan kebakaran spead 200 PK dan langsung merambat ke Spead 500 PK pemilik warga Pontianak yang ditambat tidak jauh dari spead yang terbakar itu.

Peristiwa Kebakaran tersebut langsung ditangani oleh Pemadam RESCUE SAR dan Pemadam Damkar Desa Rasau Jaya Umum dan akibat kebakaran tersebut kerugian materi diperkirakan Rp. 800.000.000,- (delapan ratus juta rupiah).

Dari Informasi awal kebakaran tersebut diduga akibatkan percikan api dari kabel aki yang kendor sehingga menyambar uap BBM yang sedang diisi oleh saksi I di Spead 200 PK dan spead 500 PK.

Kapolsek Rasau Jaya, Iptu Setyo Pramulyanto SH menyampaikan himbauan agar diterapkan SOP kerja dalam pengisian BBM di lokasi dermaga speadboat untuk menghindari kejadian ini terulang kembali. (Ddk/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed