by

FKOB Sukses Gelar Festival Hadrah

Pontianak, Media Kalbar

DPP FKOB (Forum Komunikasi Orang Bugis) Kalimantan Barat gelar festival hadrah yang dilaksanakan di Rumah adat Bugis Saoraja Aliri Mpero Jalan Komyos Sudarso Komplek Alpokat Lestari Indah Permai Kota Pontianak.

Festival hadrah dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S. STP,. M. Si yang di tandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan festival hadrah diikuti 15 peserta utusan Majlis Taklim dari Kubu Raya dan Kota Pontianak. Pagelaran festival hadrah ini dimulai tanggal 19 sampai dengan 20 November 2022.

Ketua Umum DPP FKOB Kalimantan Barat, Dr. Ardiyansyah, SH,.MH mengapresiasi para pemuda-pemudi peserta yang ikut unjuk bakatnya diajang festival hadrah ini.

“Harapannya melalui festival ini, talenta-talenta lainnya dapat tergerak untuk menunjukkan keahlian dan kreatifitasnya,” ungkap Dr. Ardiyansyah, yang juga anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Fraksi PAN.

Selain mengapresiasi pelaksanaan festival hadrah juga memberikan motivasi kepada peserta lomba, bahwa festival budaya ini salah satu bentuk untuk menyalurkan bakat dan minat kreativitasnya yang bersifat non akademik.

Lebih lanjut Ardiansyah berharap kedepannya tidak hanya festival hadrah, tetapi festival seni budaya bugis lainnya pun akan digelar sebagai agenda rutin setiap tahunnya. “Sehingga bagi pemerhati dan pegiat budaya bugis di Kalimantan Barat akan memberikan nilai positif. Dengan festival hadrah semacam ini untuk mengungkap nilai nilai kearifan lokal dan wahana pelestarian budaya suku Bugis.” Ujarmya.

FKOB sampai sekarang tetap konsisten sebagaimana visi dan misinya melestarikan adat budaya bugis, jadi kita bukan untuk bersaing akan tetapi untuk komunikasi menyatukan elemen-elemen pegiat budaya,

Harapannya masyarakat Bugis khususnya para generasi muda akan mengetahui dan mengenal adanya ragam seni budaya Bugis yang di dalamnya banyak pesan-pesan filosofis leluhur yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Para peserta festival hadrah akan memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta dan uang tambahan pelatih Rp 1 juta bagi peserta terfavorit.

FKOB, selain meningkatkan bakat, minat dan kreasi dibidang non akademik. Pada bidang akademik juga terus diadakan pembinaan berupa peningkatan SDM generasi muda Bugis, melalui Sayap Mahasiswa dan Pelajar DPD FKOB Kota Pontianak. Beberapa waktu lalu mengutus Pelajar FKOB, Haidir Rasyid untuk mengikuti ajang lomba pidato bahasa Arab di olimpiade Alquran di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan meraih juara 1 (satu) yang telah mengharumkan nama FKOB Pontianak Kalimantan Barat. Bahkan saat ini Haidir Rasyid juga tercatat pelajar dari Indonesia asal Kalimantan Barat telah dinyatakan lulus mengikuti SUMPT di universitas Al-Azhar Kairo Mesir tahun ajaran 2022/2023. (**/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed