by

Gelar Apel Pasukan Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022, Polres Kubu Raya Siap Amankan Nataru

Kubu Raya, Media Kalbar

Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Kapuas 2022 dalam rangka pengaman kesiapan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Kamis (22/12/22)

Apel Terpusat Operasi Lilin Kapuas yang di Gelar di halaman Kantor Bupati Kubu Raya Jalan Arteri Supadio Kecamatan Sungai Raya di ikuti 166.322 personil gabungan TNI – AU, Kodim 1207 Pontianak, Brimob Polda Kalbar, Personil Polres Kubu Raya, Dishub Kabupaten Kubu Raya, Sat POL PP Kubu Raya, Pemadam Kabupaten Raya, Pemuda Pancasila dan isan Banser Kabupaten Kubu Raya.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K., M.S.I, yang didampingi Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan S.H dalam amanatnya mengatakan, Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan natal 2022 serta tahun baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif.

“ total 166.322 personil gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan di titi- titik kerawanan di wilayah Kubu Raya, tuturnya

“ Sebagaimana perintah dari Presiden Joki Widodo bahwa saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul betul disiapkan agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman, terangnya.

“ Personil Pengamanan harus mewaspadai potensi terjadinya lonjakan Covid-19, kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau serta kepadatan pada bandara terminal dan pelabuhan, jadikan rekayasa lalu lintas pada idhul fitri 2022 sebagai acuan, pungkasnya.

Selanjutnya Jerrold mengatakan, lakukan rekayasa lalu lintas pada pelabuhan penyeberangan pastikan tidak ada penumpukan kendaraan yang akan melakukan penyeberangan. Sosialisasikan kembali kepada masyarakat tentang prokes covid 19 dengan cara Patroli jalan kaki hal ini juga dapat mengantisipasi tindak kejahatan konvensional.

“ tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal terutama kepada masyarakat yang akan bepergian, tegasnya

Kemudian, khusus pengamanan ibadah Natal pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TBI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/AT selain itu libatkan juga elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama.

“ Ancaman teroris juga menjadi potensi gangguan yang serius maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi aksi terorisme serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror, ungkapnya.

Ia pun meminta agar melakukan monitoring ke SPBU dan pasar tradisional dan toko/warung yang menjual kebutuhan bahan pokok bersama Satgas Pangan di wilayah Kabupaten Kubu Raya agar tidak adanya kenaikan harga dan kelangkaan apabila terdapat spekulan lakukanlah gakum secara prosedural.

“ Perlu saya garis bawahi keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan kepada seluruh personil Pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergritas dan soliditas selama pelaksanaan, dan saya juga berpesan agar rekan rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah, terangnya.

“ Sebelum menutup amanat saya ingin mengucapkan selamat natal 2022 dan Tahun Baru 2023 semoga cahaya dan cinta kasih tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru demi mewujudkan indonesia emas 2045 yang kita cita citakan bersama, tutup Kapolres Kubu Raya.

Selanjutnya Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan S.H, Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K., M.S.I, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintahan Kab.Kubu Raya, PJU Polres Kubu Raya, Kpt. Pom I Putu Gusti Gunawan Mewakili Dasatpom TNI AU Supadio dan Dandim 1207 Pontianak diwakili oleh Kapten Arm Tri Yuliantoro  (Danramil 05/Sungai Raya) melakukan pengecekan Pasukan serta pemasangan pita Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022. (**/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed