by

Gelar Rakornas, Tim Pembina Samsat Nasional Perkuat Sinergi untuk Dorong Kepatuhan Masyarakat Membayar Pajak

Palembang, Media Kalbar

Tim Pembina Samsat Nasional menggelar Rapat Koordinasi Nasional
(Rakornas) Pendapatan dan Keuangan Daerah Tahun 2023. Agenda bertajuk
“Optimalisasi Pendataan dan Peningkatan Pajak Kendaraan Bermotor dan Pemanfaatan SIPD” itu dilaksanakan di Hotel Novotel Palembang, pada Selasa
(14/11/2023).

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Drs. H. A. Fathoni, M.Si., menyatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan pendapatan pada akhir tahun, yang merupakan instrumen penting dalam pembangunan. “Salah satu langkahnya adalah melalui peningkatan pajak kendaraan bermotor dan optimalisasi pemanfaatan SIPD,” ujarnya.

Fathoni menegaskan dukungannya terhadap upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak, termasuk pajak kendaraan bermotor yang menjadi perhatian utama Tim Pembina Samsat Nasional. “Pajak ini memiliki korelasi yang sangat signifikan terhadap pelayanan publik,” tambahnya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, menyatakan
komitmennya untuk terus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap administrasi kendaraan. “Hal ini termasuk pembayaran pajak kendaraan dan kepatuhan terhadap aturan berlalu lintas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kakorlantas mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendorong masyarakat sebagai pemilik kendaraan, agar patuh pada kewajibannya.
“Ini sangat penting karena pajak kembali kepada masyarakat dan memberikan
manfaat bagi pengguna jalan,” tambah Firman.

Sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Korlantas Polri, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, menyoroti pentingnya persamaan persepsi terkait data digital dan keamanan. “Ini penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memaksimalkan pendapatan dari pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor,” ungkap Rivan.

Rivan juga menyampaikan bahwa Jasa Raharja terus bertransformasi untuk
memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “Komitmen ini akan terus menjadi fokus kami, sehingga kehadiran Jasa Raharja benar-benar dirasakan bermanfaat oleh masyarakat,” tambahnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh Direktur Pendapatan pada Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Dr. Hendriwan, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK, Sekretaris Perusahaan Jasa Raharja, Dodi Apriansyah, Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan, serta sejumlah Kepala Bapenda dan BPKAD Provinsi di Indonesia. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed