by

Gerakan Pangan Murah, Bupati Satono Dukung Festival Pangan Lokal B2SA

Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menghadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah, kegiatan tersebut serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dalam memperingati Hari Pangan Sedunia serta diikuti secara online oleh Pemerintah Kabupaten Sambas yang dirangkai dengan kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan pasar murah dalam rangka Hari Pangan Sedunia Tahun 2023 dihalaman Aula Kantor Bupati Sambas. Senin (16/10/2023)

Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., mengapresiasi kerja sama yang baik antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas dan TP PKK Kabupaten Sambas dengan menggelar Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dalam rangka Hari Pangan Sedunia.

“Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas yang bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Sambas menggelar Festival Pangan Lokal B2SA dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang ke-44 Tahun 2023,” Ucapnya.

Kenyataannya sampai saat ini, pola konsumsi pangan masyarakat masih belum memenuhi kaidah gizi seimbang, konsumsi sumber karbohidrat masih diminati oleh nasi, konsumsi kelompok umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat lainnya masih sangat rendah, demikian juga konsumsi sahur dan buah yang masih tergolong rendah.

“Oleh karena itu sebagai upaya percepatan penganeka ragaman pangan menjadi sangat penting. Dalam rangka mendukung upaya tersebut salah satunya berupa Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA),” Terang Satono.

Selain itu juga bisa menumbuhkan minat dan bakat ibu-ibu maupun masyarakat lainnya untuk mengolah pangan lokal menjadi sumber pangan yang sehat aman dan bergizi.

“Saya minta acara seperti ini tidak hanya seremonial saja, mudah-mudahan acara seperti ini bisa terus berlanjut untuk mengasah dan meningkatkan skill yang bernilai ekonomi dan bernilai pemanfaatan pangan lokal yang berkelanjutan,” Pungkas Satono.(rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed