by

Kunker Kepala Divisi Keimigrasian untuk Penguatan Pelaksanaan Tugas di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang

Singkawang, Media Kalbar

Dalam rangka penguatan pelaksanaan tugas teknis pelayanan dan informasi Keimigrasian, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat, Tato Juliadin Hidayawan, melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa Pos Lintas Batas (PLB) dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang. Kegiatan tersebut dilakukan mulai tanggal 15 hingga 19 Juli 2023.

Kunjungan kerja ini melibatkan beberapa pejabat terkait, antara lain Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Hasanin, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pontianak Ben Yuda Karubaba, Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian Markus Lenggo Rindingpadang, serta beberapa JFU pada Divisi Keimigrasian.

Pada hari pertama, Sabtu, 15 Juli 2023, Kepala Divisi Keimigrasian beserta rombongan tiba di Kecamatan Jagoi Babang dan disambut oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, Azriyal Zam, serta jajarannya. Kegiatan dimulai di PLB Tradisional Jagoi Babang dengan peninjauan ruangan, bangunan, sarana, dan prasarana yang ada di sana. Selama kunjungan, Kepala Divisi Keimigrasian memberikan arahan dan penguatan kepada petugas PLB Jagoi Babang untuk menjaga kekompakan, bekerja sesuai aturan, serta selalu berkoordinasi dengan pimpinan demi terciptanya pelayanan yang baik dan optimal dalam pelaksanaan tugas keimigrasian.

Pada hari berikutnya, Minggu, 16 Juli 2023, tim melanjutkan kegiatan dengan menuju Pos Lintas Batas Tradisional Saparan yang berjarak sekitar 35 km dari Kecamatan Jagoi Babang. Kepala Divisi Keimigrasian didampingi oleh Kakanim Singkawang serta jajaran meninjau pos tersebut. Sayangnya, kondisi bangunan di PLB Tradisional Saparan kurang terawat. Oleh karena itu, Kepala Divisi Keimigrasian mengingatkan untuk melakukan pemeliharaan gedung dan lahan tanah PLB tersebut, memastikan luas tanah yang menjadi aset BMN Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, mengupayakan pembatasan pagar, dan memasang plang nama di PLB Tradisional Saparan.

Kondisi di Pos Lintas Batas Negara Jagoi Babang juga menjadi perhatian dalam kunjungan ini. Pada hari Senin, 17 Juli 2023, tim melakukan peninjauan sarana dan prasarana serta alur pelayanan kedatangan hingga keberangkatan di pos tersebut. Tim juga berinteraksi dengan Petugas Bea Cukai Jagoi Babang mengingat telah dilaksanakan pelayanan sejak tanggal 11 Juli 2023. Pada kesempatan ini, Kepala Divisi Keimigrasian memberikan penguatan kepada petugas untuk lebih teliti dalam melaksanakan tugas, menerapkan SOP, serta selalu berkoordinasi dengan pimpinan dan instansi terkait. Selain itu, tim juga melihat proses keberangkatan masyarakat Jagoi Babang yang ingin melintas ke Malaysia dengan menggunakan Pas Lintas Batas.

Di Titik Nol Perbatasan Jagoi Babang, tim bertemu dengan staf jaga dari Bea Cukai dan melihat langsung proses pengantaran atau pertukaran barang di palang pintu titik nol. Syaratnya, semua masyarakat yang melakukan aktivitas tersebut harus membuat Pas Lintas Batas.

Kegiatan kunjungan kerja ini memberikan kesempatan bagi Kepala Divisi Keimigrasian dan rombongan untuk memberikan arahan dan penguatan kepada petugas di beberapa pos lintas batas dan pos lintas batas negara. Diharapkan, dengan adanya kunjungan ini, pelayanan Keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang dapat berjalan lebih baik dan optimal, demi memenuhi tugas dan fungsi Keimigrasian yang diamanahkan. (Hms kumham/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed