by

Lagi-Lagi…PT.MKI Ingkar Janji Dengan Pemilik Lahan

Bengkayang, Media Kalbar

Hadirnya perkebunan sawit di tengah kehidupan masyarakat memang banyak menimbulkan polemik bahkan terindikasi menguntungkan sepihak dan kepentingan sekelompok orang, tidak sesuai dengan visi dan misi awal yaitu mensejahterakan masyarakat di sekitar perkebunan.

Seperti yang di ungkapkan salah satu warga masyarakat Kecamatan Lembah Bawang, Pulin, Menyampaikan kepada awak media ini, “PT MKI dulu pernah berjanji bahwa kepada pemilik lahan akan diadakan sistem bagi hasil 7/3, namun sampai sekarang tidak timbul-timbul, sejak 2015 sampai sekarang artinya usia sawit sudah 6 tahun, Dari pihak perusahaan beralasan bahwa belum kompak panen, sementara perjanjian awal siapa yang duluan panen itu yang mendapatkan hasil.”

Lanjutnya, Dalam hal ini jelas saya di rugikan, jumlah luas lahan yang saya serahkan ke pihak Perusahaan kurang lebih 80 Hektar, bahkan sudah beberapa kali panen namun sampai saat ini saya belum pernah di panggil.

Bahkan bentuk perjanjian MOU sampai sekarang belum terbit, pada saat jaman pemerintahan Bupati terdahulu, menyarankan seharusnya surat perjanjian itu sudah ada di tangan masyarakat dan harus di pegang oleh masyarakat pemilik lahan.

“Harapan kami sebagai pemilik lahan kepada pihak perusahaan, agar segera memenuhi janji-janjinya dengan masyarakat sebab banyak masyarakat yang di rugikan.” Tutup Pulin. (Rinto Andreas/Injil)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed