by

Lomba Sampan Kato di Kabupaten Kubu Raya Dibuka oleh Sekda

Kubu Raya, Media Kalbar

Sebanyak 32 peserta antusias mengikuti Lomba Sampan Kato yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya melalui Dispora Kabupaten Kubu Raya. Acara tersebut berlangsung di depan Pasar desa Jeruju Besar,Kecamatan Sungai Kakap,Kabupaten Kubu Raya pada Minggu, (16/7/2023).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda)Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam sebagai perwakilan Bupati Kubu Raya,H.Mudha Mahendrawan.

Dalam pembukaan kegiatan lomba sampan kato terebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah daerah di antaranya Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kubu Raya, Ir. Usman,Camat Sungai Kakap,Junadi.S.Sos ,Kepala Desa Jeruju Besar,Nurhalijah, S.E.,tokoh masyarakat,serta pengurus organisasi olahraga di Kubu Raya.

“Lomba Sampan Kato merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk menggali potensi olahraga tradisional dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal.Peserta lomba yang berjumlah 32 orang menunjukkan animo yang tinggi untuk ikut serta dalam kompetisi ini.

Lomba Sampan Kato sendiri merupakan ajang perlombaan menggunakan sampan kato tradisional yang dilengkapi dengan mesin,sebuah peralatan yang digunakan untuk mengikuti lomba. Kecepatan, keterampilan, dan ketepatan peserta dalam mengoperasikan sampan kato menjadi faktor penentu dalam meraih kemenangan.

“Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam dalam sambutanya ia menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta dan harapannya agar lomba ini dapat mempererat tali persaudaraan serta mempromosikan kekayaan budaya daerah.Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba ini.”Katanya.

“Lomba Sampan Kato di Kabupaten Kubu Raya ini diharapkan dapat menjadi ajang yang membangun semangat kompetisi sehat serta memperkuat rasa cinta terhadap budaya lokal.Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat dan menginspirasi generasi muda untuk melestarikan tradisi dan warisan budaya daerah.”Harapnya.

“Ir.Usman,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Dalam sambutannya,mengucapkan rasa syukur atas kehadiran semua peserta di pagi hari ini.

“Alhamdulillah,pagi ini kita semua hadir dalam rangka memulai kegiatan olahraga lomba sampan kato sekaligus berwisata, Suatu kebanggaan bisa dilaksanakan di Desa Jeruju Besar,Kecamatan Sungai Kakap. Bersama-sama tadi kita dengar kata Ibu Kades Desa Jeruju Besar, Insya Allah desa yang akan menerima penghargaan secara Nasional.”Katanya.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan atas upaya Ibu Kades dan segenap jajaran pemerintah desa nanti bisa dinilai oleh Pak Menteri sehingga mungkin bisa meningkatkan yang pertama, meningkatkan jumlah wisatawan yang akan datang. Yang kedua, yang paling penting, meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Jeruju Besar.”Harapnya.

” Ir.Usman menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memperpendek rentang kendali dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Kakap, khususnya di Desa Jeruju Besar. Ia menekankan pentingnya peningkatan pendapatan masyarakat desa tersebut. “Endingnya seperti itu,”Ucapnya.

,Dijelaskannya bahkan kita mekar, maunya seperti itu. Kenapa kita mekar? Yaitu, tadi supaya memperpendek rentang kendali, memperpendek jarak, endingnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Kakap, yang ada di Desa Jeruju Besar pada khususnya.

“Ini merupakan salah satu kebanggaan kita semua,dan kami di DPRD sangat mensupport kegiatan-kegiatan yang sifatnya langsung melibatkan masyarakat dan langsung dilaksanakan oleh masyarakat. Manfaat dan keuntungannya adalah secara tidak langsung meningkatkan perputaran roda ekonomi masyarakat Desa Jeruju Besar. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan selamat kepada Desa Jeruju Besar.”Ujarnya.

“Kegiatan olahraga lomba sampan kato dan berwisata di Desa Jeruju Besar ini memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta pendapatan masyarakat setempat. Desa ini berharap dapat meraih penghargaan tingkat nasional atas upaya yang telah dilakukan oleh Ibu Kades dan pemerintah desa. Selain itu, dukungan penuh dari DPRD juga menjadi dorongan bagi Desa Jeruju Besar dalam mengembangkan potensi pariwisata dan kesejahteraan masyarakatnya.

Sementara itu Dalam konferensi pers,Nurhalijaah SE, kepala Desa Jeruju Besar,kepada sejumlah awak media menyampaikan komitmen pemerintah desa untuk mendukung dan membangun infrastruktur yang berkaitan dengan pariwisata di desa mereka.

Nurhalijah SE mengungkapkan kegembiraannya atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah. Beberapa usulan yang diajukan oleh desa sudah menjadi wacana dan mendapat perhatian dari pemerintah daerah, terutama terkait infrastruktur jalan lingkungan dan jalan poros Kabupaten. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan infrastruktur yang ada akan ditingkatkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, kepala desa juga berharap destinasi wisata di Desa Jeruju Besar akan menjadi daya tarik yang harus dikembangkan secara bersama-sama oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan masyarakat.Bupati Kubu Raya, yang sering kali menyebut marikita bersama sama Kepung Bakol,”Terangnya

Usman Ali,ketua Asosiasi Sampan Laju Kubu Raya (Asmel), mengungkapkan bahwa pihaknya secara rutin menyelenggarakan kegiatan event.setiap tahun.Dalam wawancara dengan media, Usman menyampaikan rasa syukurnya atas kelangsungan kegiatan tersebut yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Setiap tahun kita melaksanakan kegiatan seperti ini dari Dispora kami. Kami bersyukur dan disitu saya sebagai ketua Asmel di Kubu Raya. Intinya, kegiatan ini merupakan ajang perlombaan sampan laju tanpa kemudi, dan kami juga pernah mendapatkan dukungan dari Kadispora dengan penggunaan gas sebagai bagian dari program Nasional,” ungkap Usman.

Selain itu, Usman juga menjabat sebagai koordinator tim pemasangan Nasional dalam konsep penggunaan gas pada sampan laju. Keterlibatannya dalam asosiasi ini mengharuskannya menjadi ketua Asmel di Kubu Raya.

“Saya ditunjuk oleh teman-teman dan diminta untuk menjadi ketua Asmel di Kubu Raya. Saya sangat bersyukur karena kegiatan ini telah diadakan setiap tahun oleh Dispora,” tambahnya.

Usman berharap agar kegiatan
event.dapat berkembang lebih besar, tidak hanya di Kabupaten Kubu Raya, tetapi juga di Mempawah Kota dan Kadang-kadang saya juga berkunjung ke Ketapang. Ia berharap agar hadiah dalam Ipen ini semakin besar agar anggota Asmel juga merasa tergugah dan bersyukur.

“Kami telah memberikan hadiah sebesar enam juta rupiah kepada pemenang saat ini. Namun, kedepannya kami berharap hadiahnya dapat ditingkatkan agar lebih menarik. Hal ini juga dapat memastikan kelangsungan olahraga tradisional ini di Kubu Raya. Peserta Ipen saat ini berasal dari Kabupaten Mempawah, Kota Pontianak, dan Kubu Raya. Jumlah pendaftar saat ini telah mencapai tiga puluhan, namun kami harus membatasi peserta menjadi tiga atau dua perahu saja untuk setiap tim. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu,” jelas Usman.

Ipen merupakan kegiatan olahraga tradisional yang populer di kawasan Kubu Raya. Melalui kegiatan ini, Asmel berupaya mempromosikan dan mempertahankan warisan budaya sampan laju tanpa kemudi yang unik di daerah tersebut.”Pungkasnya(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed