by

Melalui PTPN XIII, Holding Perkebunan Serahkan Beasiswa Kepada Mahasiswa Di Kalimantan

Pontianak, Media Kalbar

BUMN Holding Perkebunan PTPN III (Persero) berkontribusi terhadap peningkatan pendidikan, terutama pendidikan tinggi, melalui pemberian beasiswa D3-S1. Hal itu dilakukan melalui salah satu Anak Perusahaannya, PT Perkebunan Nusantara XIII (PTPN XIII), yang telah memberikan beasiswa kepada 20 orang mahasiswa/mahasiswi yang memiliki keterbatasan finansial pada 2023 (30/10/2023).

Penerima beasiswa tersebut berasal dari 10 kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah kerja utama TJSL PTPN XIII. Mereka tengah menempuh pendidikan diberbagai Perguruan Tinggi di Universitas Tanjungpura Pontianak, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Pontianak, Perguruan Tinggi Negeri Kemenkes Banjarmasin, Universitas Palangkaraya, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Politeknik Negeri Tanah Laut, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Politeknik Negeri Samarinda, dan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

“Langkah ini merupakan salah satu bukti upaya PTPN Group untuk terus mengambil peran strategis dalam mendorong peningkatan potensi daerah melalui penyelenggaran program TJSL,” kata Direktur PTPN XIII Rizal H. Damanik.

Menurut Direktur PTPN XIII Rizal H. Damanik, kemampuan, pengalaman, dan sumber daya yang dimiliki PTPN XIII bisa memberikan sumbangsih untuk kemakmuran masyarakat di sekitar wilayah operasi. Dalam pengembangan potensi daerah tersebut, PTPN XIII yakin insklusivitas dan kearifan lokal harus tetap dijaga.

Selain pemberian beasiswa, seluruh penerima beasiswa dari PTPN XIII juga diberikan pembekalan dari Manager Unit Kerja untuk dapat meningkatkan soft skill yang berguna bagi pengembangan kapasitas seperti wawasan kebangsaan, pelestarian lingkungan dan budaya, sikap toleransi, komunikasi dan kepemimpinan, serta pengembangkan kualitas diri.

PTPN XIII berharap, hal ini dapat membantu para penerima beasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih unggul. Mereka juga diharapkan siap menjadi agent of change untuk daerahnya masing-masing.

Sementara itu, rangkaian Program Pemberian Beasiswa D3-S1 merupakan program lanjutan yang telah digagas sejak 2021 lalu.
Langkah yang diambil PTPN XIII ini menjadi fokus utama sebagai pilar sosial TJSL. PTPN XIII akan selalu fokus dalam mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan.
Hal itu sesuai dengan arahan pemerintah serta rencana pembangunan daerah dan nasional. PTPN XIII percaya, peningkatan akses terhadap pendidikan tinggi dapat meningkatkan kualitas serta kemandirian masyarakat lokal di sekitar operasi perusahaan.

Pelaksanaan program yang telah dimulai sejak 2021 tetap dengan melakukan proses seleksi awal penerima beasiswa.
Selama melaksanakan program pemberian beasiswa D3-S1 PTPN XIII juga telah memiliki beberapa pencapaian yaitu mampu meningkatkan akses terhadap pendidikan tinggi di wilayah sekitar operasi Perusahaan.

Beberapa desa di sekitar perusahaan yang mendapatkan manfaat dari program ini adalah Desa Kelompu, Desa Sebuduh, Desa Kampuh, Desa Sungai Mayam, Desa Pemuda, Desa Ambungan, Desa Modang, Desa Lombok, Desa Semuntai, dan Desa Pait.

Melihat manfaatnya yang cukup besar bagi peningkatan pendidikan, program tersebut akan terus dilaksanakan. Hal ini akan mempengaruhi peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed