by

Melalui Safety Riding dan Safety Campaign, Jasa Raharja Dorong Tokoh Adat Denpasar Jadi Agen Keselamatan Berlalu Lintas

Denpasar, Media Kalbar

Jasa Raharja bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali dan Astra Motor Bali, menyelenggarakan Safety Campaign dan Safety Riding bagi 150 tokoh adat di Denpasar. Kegiatan tersebut digelar di Agung Ballroom Hotel Prime Sanur, Bali, pada Senin (20/11/2023).

Safety campaign dan safety riding dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas di kalangan masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, Jasa Raharja menggandeng dan mengajak para tokoh adat di Denpasar agar bersama-sama mengingatkan masyarakat pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana menyampaikan bahwa
berdasarkan data santunan, Denpasar merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat rawan kecelakaan lalu lintas tinggi. “Dimana, empat kecamatan di Denpasar menjadi TOP 10 kecamatan dengan angka laka tertinggi di Indonesia,” ujar Dewi.

Oleh sebab itu, Jasa Raharja terus berupaya menggandeng berbagai pihak untuk menyebarluaskan pesan-pesan keselamatan kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Denpasar, Bali. “Ini merupakan salah satu bentuk komitmen Jasa Raharja untuk tidak hanya concern terhadap penyerahan santunan, tetapi juga
di bidang pencegahan,” ungkap Dewi.

Safety campaign dan safety riding diisi dengan berbagai kegiatan dan materi dari sejumlah nara sumber. Antara lain materi terkait prinsip-prinsip keselamatan berlalu lintas dari Kasubdit Tat Tertib, Sub Direktorat Gakkum Ditlantas Polda Bali, AKP. I Ketut Mastra Budaya, perwakilan PT. Astra Motor Bali, Safety Riding Instructor Yosepht Klaudius, dan pemaparan tugas dan fungsi Jasa Raharja.

Dalam kegiatan yang sama, Jasa Raharja juga mengundang Bandesa Agung Majelis Desa Adat Bali, Ida Pangelisingsir Agung Putra Sukahet, yang memberikan motivasi kepada para tokoh adat agar selalu berhati-hati di jalan dan mengimbau agar para tokoh adat memberikan informasi mengenai keselamatan berlalu lintas di lingkungan
sekitarnya. “Karena mayoritas korban kecelakaan di wilayah rawan laka Denpasar juga merupakan masyarakat wilayah rawan laka tersebut,” ucap Ida.

Kepala Jasa Raharja Cabang Bali Abubakar Aljufri, menyampaikan, pihaknya sangat antusias menjalin kerja sama untuk kegiatan tersebut. “Harapannya, dengan pemahaman yang lebih baik tentang aturan lalu lintas dan praktik berkendara yang aman, terlebih diberikan pemahaman oleh tokoh adat lingkungan, secara signifikan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Bali, Kompol. Rahmawaty Ismail, mengapresiasi kegiatan safety campaign dan safety riding yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja. Terlebih dengan melibatkan tokoh adat sebagai tokoh yang dihormati di lingkungan adat Bali. “Harapannya, dengan pemahaman yang lebih baik tentang aturan lalu lintas dan praktik berkendara yang aman, kita dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” ujarnya.

Kegiatan safety campaign dan safety riding merupakan upaya konkret Jasa Raharja dalam mendukung program-program keselamatan berlalu lintas yang dilakukan oleh pihak berwenang di Bali. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dengan ditambah dukungan langsung
dari para tokoh-tokoh adat di Denpasar. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed