by

Meningkatnya Kasus Covid-19 Di Kalbar Ada Hubungannya Libur Imlek, Tingkatkan Disiplin Prokes

Pontianak, Media Kalbar

Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar Menyampaikan kasus positif hari ini, Kasus terus meningkat, dari 988 sample, 48 positif covid-19 ini artinya Positivity rate mencapai 4,86% sementara Batas yang ditolerir oleh WHO adalah dibawah 5%.

“Perlu terus mengingatkan masyarakat untuk taat PROKES dan percepatan vaksinasi 1,2 dan booster. Terutama pada lansia dan anak-anak.” Ungkap dr. H. Harisson, M. Kes., Wakil Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar, Kamis (3/2).
Disampaikannya bahwa Kenaikan kasus ini ada hubungan dengan libur imlek.
Dimana masyarakat asal kalbar yang berada di luar kalbar banyak yang mudik ke Kalbar.

“Warga kalbar yang berdomisili di Jakarta kemungkinan besar sebagian sudah tertular omicron lalu mereka pulang ke Kalbar.” ujarnya.

Syarat tes antigen negatif untuk dapat terbang ke Kalbar atau pulang ke Kalbar tidak menjamin mereka benar-benar negatif karena tes antigen hanya bisa mendeteksi untuk nilai Ct 25 ke bawah.

“Bahkan beberapa hari yang lalu kita pernah temukan penumpang pesawat yang tes antigen nya negatif ternyata setelah di tes swabs PCR secara acak oleh satgas provinsi di terminal kedatangan hasil nya positif degan nilai Ct 17 dan 20.” kata Harisson.

Harisson juga mengungkapkan bahwa Tidak menutup kemungkinan kasus omicron sudah ada di kalbar, “tapi memang kita belum bisa memastikan karena kita belum mendapatkan laporan hasil WGS terhadap sampel swabs positif yang kita kirim ke Balitbangkes di jakarta.” tutupnya. (amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed