by

Musyawarah Desa “Penetapan APBDes dan Penetapan BLT DD Tahun Anggaran 2022

Kubu raya, Media Kalbar

.Pemerintah Desa Madura Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya melaksanakan musyawarah desa Musdes penetapan APBDes tahun anggaran 2022.bertempat di halaman Kantor Desa Madura bebepapa waktu lalu.

Musdes kali ini dihadiri oleh Danramil yang di wakili oleh Bhabinsa Desa Madura.Bidan desa.
Ketua BPD dan anggotanya serta parangkat desa dari ting kat RT RW
dan tokoh masyarakat yang hadir

Pelaksanaan Musdes APBDes ini mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa dan Permendesa P D T T nomor 16 tahun 2019 tentang musyawarah desa.

Musdes APBDes bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Madura untuk tahun anggaran 2022.

Kepala Desa Madura Jatim dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta musdes yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini.

Jatim juga memaparkan Proses penyusunan RKPDes tentunya tidak mudah untuk memenuhi keinginan semua masyarakat,

tetapi paling tidak kita akan mendahulukan kegiatan yang paling prioritas,dan untuk kegiatan yang belum terdanai tahun ini bisa diajukan kembali tahun berikutnya.

“Jatim menjelaskan bahwa penggunaan Dana Desa 68 % harus digunakan sesuai Peraturan Presiden no 104,yaitu 40 % untuk Bantuan Langsung Tunai(BLT),20 %
untuk Pemberdayaan 32%,serta 8 % untuk penanganan covid 19.Dan selebihnya bisa digunakan untuk kegiatan yang lain.

Usai kegiatan Musdes Jatim Kepala Desa Madura kepada sejumlah wartawan dia mengatakan
mengatakan Iya sesuai dengan rangakaian rangkaian tadi ini yang di ikuti masyarakat artinya kita lakukan sebagaimana mestinya sesuai dengan kemampuan kemampuan dan dana yang ada Tersebut jadi mudah mudahan dengan adanya musyawarah ini mudah mudahan bisa baik untuk ke depannya.”Katanya.

“Jadi dengan adanya seperti ini mungkin bisa menyikapi transparansi nya masyarakat untuk Rana Rana yang seperti ini.dengan meliahat anggaran dana DD yang memang cukup terbatas di sinilah kita itu tentu kita melaksanakan musyawarah seperti ini makanya kita sebagaimana dengan cara cara untuk kebijakan kedepannya yang jelas pada intinya Insyaallah kita bagi bagi sesuai dengan porsinya masing masing sesuai dengan anggarannya.”terangnya.

Disinggung mengenai beberapa pertanyaan warga terkait Janji janji politiknya di saat dirinya mencalonkan diri jadi kepala Desa dia mengatakan dia mentakan Insyaallah semuanya akan kita lakukan atau kita tunaikan sesua aturan yang ada.”Ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa program utama yang akan dia laksanakan dia awal dia menjabat sebagai kepala Desa adalah pembangunan Kantor desa di karnakan Kantor desa merupakan tempat pelayanan masyarakat yang harus diutamakan

Program saya untuk kedepannya bahwa kantor desa ini adalah tujuan utama jadi karena kantor desa ini tempat pelayanan masyarakat jadi insyaallah untuk tahun tahun ini tetap kita Danai walaupun itu dari pondasi sekalipun

“Jadi kata Jatim untuk ke depannya mudah mudahan saya akan berusaha untuk mensosialisasikan dengan pihak kabupaten.meski dengan anggaran yang terbatas tapi saya akan tetap berusaha mengupayakan kata.dia juga berharap ada bantuan dari pihak ketiga untuk dapat membantu proses pembangunan Kantor Desa tersebut,”Tandasnya.

“Sementara Ketua BPD Desa Madura Sahudi kepada wartawan dia memaparkan
Saya sebagai BPD menanggapi Keluhan keluhan masyarakat yang mana tidak tersampaikan sebagai pihak BPD ingin memusyawarahkan kepada masyarakat bagaimana jalan keluar yang terbaik untuk ke depannya,”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed