by

Pekan Budaya Robo-Robo dimeriahkan Dengan Kakap Expo 2022

Kubu Raya, Media Kalbar

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan Hadiri pekan budaya Robo-Robo 2022 dan sekaligus membuka Kakap Expo 2022 yang di selenggarakan di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya,Rabu(21 September 2022).

Muda Mahendrawan bupati kubu raya beserta rombongan disambut dengan penampilan seni dan budaya kearipan lokal dan seiring dengan kemajuan zaman yang di kemas menarik dan moderen tampa menghilakan unsur budaya dan ke aslian budaya robo-robo itu sendiri seperti tepung tawar dan makan saprah.ritual ini bertujuan untuk melolak bala agar terhindar dari hal yang buruk.

Selain kegiatan tersebut robo robo di isi dengan aneka perlombaan dan hiburan seperti lomba Sampan
pameran produk UMKM Desa(PKK,BUNDES Karang Taruna),dan UMKM Umum. penghargaan Stand Umum terbaik.
pasar murah tahunan,Hiburan Rakyat (Band Pop,Dangdut Musik tradisional).Pawai Budaya Lomba seni kreatif,Pemilihan Putra Putri Duta robo robo acara tersebut berlansung hingga satu minggu kedepan

Acara Robo-robo tersebut di hadiri Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah,Asisten Administrasi Umum Adriansyah,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Ir Usman,Ketua TP PKK Rosalina,Ketua PITA Kubu Raya Rusmala Dewi,dan sejumlah kepala perangkat daerah,Camat Sungai Kakap Junaidi,Kapolsek Sungai Kakap dan Ramil Sungai Kakap serta para kepala desa di Kecamatan Sungai Kakap.

“Muda Mahendrawan usai membuka secara resmi Kakap Expo di lapangan Peta Laubang,Sungai Kakap mengungkapkan kepada awak media, terkait perhelatan event tradisi sekali setahun ini merupakan sebuah hal besar, inisiasi yang luar biasa pasca pandemi. “Jadi ini adalah event yang merupakan best practice, ini praktik baik yang menginisiasi, dimana baru kali pertamaketika pekan budaya Robo Robo langsung dirangkaikan dan diperkuat event, supaya jauh lebih membumi, lebih semarak, maklum kita sudah dua tahun pandemi kemarin, kegiatan ini dilaksanakan akhirnya dengan skala yang tidak terlalu luas”, ungkap Muda Mahendrawan.

“Kali ini, angsung dari inisiatif panitia bersama-sama dengan semua elemen dan didukung oleh Polsek, Danramil dan jajaran serta seluruh komponen desa di Kecamatan Sungai Kakap, maka kita syukuri, Kakap Expo ini mulai kita buka, kita hadirkan. Dalam sepekan ini banyak sekali agendanya, baik dari lomba – lomba dan kreasi budaya, termasuk juga dengan produk-produk UMKM, karena ini sekaligus memperkuat UMKM yang ada dari Kubu Raya, sehingga ini bisa kita harapkan menjadi penggerak ekonomi yang ada di masyarakat kita”, lanjut Bupati kepada awak media.

Camat Sungai Kakap,Junaidi S.Sos yang turut mendampingi Bupati Kubu Raya membuka gelaran Kakap Expo menyampaiakn ajakan untuk mengunjungi event yang pertama kali digelar dalam rangkaian pekan budaya Robo Robo tahun 2022. “Alhamdulillah,hari ini kegiatan Robo Robo Kakap Expo 2022 telah dibuka oleh Bapak Bupati, kunjungi dan saksikan beramai – ramai Kakap Expo 2022 di Lapangan Peta Laubang, banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan, selain lomba, terdapat pameran produk UMKM yang dikelola oleh masyarakat Sungai Kakap. Dengan harapan, hal ini menjadi pemicu perekonomian masyarakat bergerak dan dapat membantu menumbuhkan kembali kesejahteraan warga”, papar Junaidi.

Perhelatan Kakap Expo Tahun 2022 di Sungai Kakap sebagai salah satu rangkaian utama dari gelaran tradisi budaya Robo Robo, diikuti oleh puluhan UMKM yang telah mendaftar di panitia, hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Expo, Busnah Abdullah, “Hari ini, yang sudah terdaftar ada 42 stand UMKM yang sudah mendaftar, dan kita yakin sambil berjalan dalam sepekan ke depan akan bertambah lagi yang akan masuk di Kakap Expo ini”, ujar Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kubu Raya yang didapuk memegang kendali akan pelaksanaan Kakap Expo 2022.

Busnah sebagai panitia Kakap Expo Tahun 2022 menyampaikan harapannya, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan dari Pemkab Kubu Raya dan tentunya dapat meningkatkan fasilitas pendukung. “Harapan kami ke depan,ini bisa dijadikan agenda rutin daerah dan lokasinya dapat lebih dimaksimalkan sehingga pengunjung lebih nyaman”, Pungkasnya.(Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed