by

Pembinaan dan Pelatihan Relawan Pemadam Kebakaran Kecamatan Sungai Kakap

Kubu raya, Media Kalbar

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kubu raya mengadakan acara Pembinaan dan Pelatihan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR)di Kecamatan Sungai Kakap acara tersebut berlansung di aulah gedung balai pertemuan Kecamatan Sungai Kakap,  Senin(22/8).

Acara Pembinaan dan Pelatihan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR)yang dipimpin lansung oleh Kepala Bidang pemadaman penyelamatan dan sarana prasarana Kabupaten Kubu raya dan dibuka lansung oleh Plt Kepala pelaksana badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Kubu Raya Ardiansyah.

Acara tersebut di hadiri oleh Plt Kepala pelaksana badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Kubu Raya.Kepala Bidang pemadaman penyelamatan dan sarana prasarana Kabupaten Kubu raya.Camat Sungai kakap,Danramil Sungai Kakap,Kapolsek,dan ratusan para peserta relawan pemadam kebakaran dari Tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu raya di antaranya dari Kecamatan Sungai Kakap,Kecamatan Sungai Ambawang,Kecamatan Rasau Jaya,

Ardiansyah Plt pelaksana penanggulangan bencana daerah Kabupaten Kubu raya usai membuka kegiatan Pembinaan dan Pelatihan REDAKAR menjelaskan jajaran Pos pos untuk berlatih nah ini kan latihan awal diharapkan agar bersungguh sunggulah biar dia mampu untuk menangani kebakaran di Desanya masing masing.

“Dan hari ini di kuti Kecamatan Sungai Kakap Kecamatan Sungai Ambawang Kecamatan Rasau jaya dan untuk selanjutnya akan di laksanakan di Kecamatan Sungai raya.di harapkan setelah relawan sudah di latih mempunyai ke ahlian selain itu dia juga berharap kawan kawan mempunyai nomor telpon sehingga jika ada terjadinya kebakaran mudah mendapatkan informasi apa lagi di Kecamatan Sungai Kakap Pak Camat adalah ketuanya lalu selanjutnya pak Camat lapor kekami.” Jelasnya.

Sulistiono Kepala Bidang pemadaman penyelamatan dan sarana prasarana Kabupaten Kubu raya kepada sejumlah awak media menjelaskan bahwa kegiatan yang sudah di lakukan terkait masalah untuk kegiatan pembinaan pemadam kebakaran di kabupaten kubu raya yang pertama lakukan di Kecamatan Sungai Kakap  yang di ikuti kurang lebih 100 peserta.

Lebih lanjut Sulistiono mengatakan,  karena memang salah satu Redkar yang terbentuk di Kabupaten kubu raya ini salah satu cikal bakal untuk membantu pemerintah untuk penanganan kebakaran baik pencegahan, penanggulangan di Indonesia pertama kali di Indonesia Redkar di kubu raya inilah yang pertama di kukuhkan oleh Direktorat jendral Kementerian dalam negeri.

“Dan dalam hal ini perlu di laksanakan di kabupaten kubu raya di Provinsi Kalimantan barat untuk itu Satu satunya lah di Indonesia ataupun di Kalimantan Barat bahwa Redkar ini terbentuk.Untuk kegiatan pembinaan,pelatihan untuk Redkar di kabupaten kubu raya.

“Untuk yang selanjutnya kita akan melaksanakan di Kecamatan Sungai raya dan nanti nya kegiatan kegiatan tersebut akan ada berkelanjutan jadi bukan hanya kita bentuk hanya satu kabupaten dan itu nanti kita akan lanjutkan pembinaan lanjutan.”Terangnya.

Junaidi Camat Sungai Kakap mengapresiasi kegiatan tersebut, BPBD kabupaten kubu raya yang telah menetapkan dan menunjuk kecamatan sungai kakap sebagai tempat pelaksanaan pembinaan kepada anggota relawan pemadam kebakaran ini yang pertama.

Kemudian kata Junaidi apa hak dan tanggung jawab nya,kemudian apa hak nya tugas yang baik sebelum kebakaran itu terjadi ataupun setelah kebakaran itu terjadi kemudian itu tugasnya hak dan kewajiban nya apa kemudian struktur organisasi nya bagaimana ini kebetulan wadah baru yang di bentuk oleh kementerian dalam negeri banyak wadah yang di bentuk oleh kementerian terkait dengan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini tetapi ini wadah baru yang langsung di bentuk direktorat administrasi Kementerian dalam negeri,yang lain juga ada,

“Seperti misalnya MPA(masyarakat peduli api) itu di bawah kementerian lingkungan hidup,Nagana juga itu di bawah kementerian dinas sosial dan ini redcar ini langsung di bawah kementerian dalam negeri jadi sudah banyak ini lembaga wadah organisasi dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.” Jelasnya.

“Harapan kita nanti wadah wadah ini anti baik itu redcar maupun tadi itu MPA maupun Nagana berperan aktif dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Terutama yang ada di Kecamatan sungai kakap dan kami juga sudah melaksanakan apel siaga kemarin di punggur besar ada tiga MPA kami libatkan ini bagian usaha juga,” ungkapnya.

Untuk Jumlah nya kurang lebih tadi hampir 90 orang di gabung juga dengan teman teman yang lain hadir juga dari rasau jaya dan Ambawang.
Kakap tiga tadi desa pal 9,sungai rengas,dan gabungan desa punggur.
Iya betul karena memang setelah di data setiap tahun bahwa potensi kebakaran yang paling besar itu untuk di kecamatan kakap Itu ada di Tiga Desa Punggur kecil,besar,dan Kapuas termasuk pal 9 makanya kemarin adakan apel siaga di desa punggur besar sudah di deteksi persoalan potensi terbesar di tiga desa itu.(Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed