by

Pembukaan Kemah Jambore Kwarran Sungai Kakap, Semangat Pramuka Meriah Meski Diguyur Hujan

Kubu Raya, Media Kalbar

Meskipun hujan deras sempat mengguyur, semangat kepramukaan tetap berkobar dalam upacara pembukaan Kemah Jambore Kwarran di kecamatan Sungai Kakap.

Acara ini berlansung di halaman SD Negeri 13 Sungai Kakap, Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap Jum’at sore (25/8/2023) ini berhasil menciptakan suasana yang meriah.

Acara ini mengusung tema “Dengan Semangat Jambore Ranting Kita Mantafkan Peran Gerakan Pramuka sebagai Sarana Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Ratusan peserta sebanyak 54 Regu terdiri dari 40 sekolah dari tingkat SD SMP putra putri dengan semangat tinggi mengikuti acara meski terjebak dalam hujan. Atraksi drumband dari SMA Negeri 2 Sungai Kakap turut memeriahkan suasana.

Pembukaan kemah ini diresmikan oleh Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Kubu Raya Sarwani.
Hadir juga Kepala Desa Jeruju Besar Nurhalijah SE dan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap, Agus Anwari S, Pd, SD., MM

Peserta yang turut serta dalam kegiatan ini tidak hanya siswa dan siswi dari berbagai tingkat SD dan SMP,tetapi juga segenap pengurus Pramuka tingkat Kecamatan Sungai Kakap dan Kabupaten.

Total ada 45 regu yang bergabung dalam kegiatan ini, dimulai dari Jumat (25/8/2023)hingga Minggu mendatang (27 Agustus 2023).
kegiatan Jambore ini juga diisi dengan berbagai ketrampilan dan pertunjukan ketangkasan Pramuka

Jemain S.Pd selaku Ketua panitia Gerakan Pramuka Kwarran Kecamatan Sungai Kakap mengucapkan terima kasih kepada ketua harian Kwarcab Kabupaten Kubu Raya yang telah menghadiri pembukaan dan membuka secara resmi kegiatan Jambore Ranting ini.

Kami berharap agar acara ini dapat terus dilanjutkan di Kecamatan Sungai Kakap, sebagai bagian dari program Kwarran Kecamatan Sungai Kakap. Tujuannya adalah untuk melibatkan desa-desa dalam kecamatan secara bergiliran.”Katanya.

Meskipun cuaca mungkin tidak selalu mendukung, harapan kami adalah agar kegiatan ini tetap berjalan dan anak-anak dapat menikmati kemah ini, meskipun dalam kondisi hujan.”Ucapnya.

Malam ini, akan ada pentas seni sebagai bagian dari pesta anak-anak Jambore yang diadakan oleh Kwarcab. Selain itu, kegiatan ini juga terkait dengan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78.”Terangnya.

Momentum ini memiliki semangat 17 Agustus yang masih terasa, dengan jumlah peserta sebanyak 560 dari 40 sekolah di Kecamatan Sungai Kakap. Harapannya, semangat 17 Agustus ini terus membara dalam kegiatan ini.”Tandasnya.

Sementara ketua harian Kwarcab kabupaten Kubu Raya Sarwani ia memberikan apresiasi kepada semua peserta yang tetap antusias meski cuaca tidak bersahabat. Kakak juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada panitia dan peserta atas semangat mereka dalam menjalankan kegiatan ini.

Kwarran Kecamatan Sungai Kakap dikenal sebagai salah satu yang paling aktif dalam kegiatan kepramukaan di Kabupaten Kubu Raya. Kakak berharap semangat ini dapat menjadi contoh bagi kwarran-kwarran lainnya.”Harapnya.

Kakak Sarwani juga menegaskan pentingnya menggelorakan gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan mental generasi muda Indonesia.

Menurutnya, gerakan Pramuka adalah ekstrakurikuler wajib di sekolah dan ia berkomitmen untuk berhasil menjalankannya di Kabupaten Kubu Raya.

Dengan semangat dan antusias yang tinggi, Kemah Jambore Kwarran Sungai Kakap berhasil menunjukkan bahwa cuaca buruk tidak mampu meredam semangat kepramukaan yang membara,” pungkasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed