by

Pemkab. Melawi Dukung Sepenuhnya Rencana Pendirian Bendungan

Mediakalbar, Melawi – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa didampingi Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen menghadiri Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) terkait Penyiapan Dokumen Perencanaan Pembangunan Bendungan di Kabupaten Sintang/Melawi, Kamis (08/12/2022) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Dalam sambutannya, PPK Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Pontianak Dirjen Sumber Daya Air, Taufan Ardianto, ST menyampaikan Pertemuan Konsultasi Masyarakat dilaksanakan untuk menyampaikan informasi terkait adanya rencana pembangunan bendungan di Kabupaten Sintang atau Kabupaten Melawi.

“Dengan diadakan kegiatan hari ini, kami berharap adanya masukan dan tanggapan dari semua stakeholder baik pemerintah dan masyarakat terkait pembangunan bendungan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sintang atau Kabupaten Melawi” ungkapnya.

Taufan juga menyampaikan bendungan yang akan dibangun merupakan salah satu upaya Pemerintah Pusat untuk mereduksi banjir yang terjadi di Kabupaten Melawi dan Sintang. Dan berharap dengan adanya bendungannya akan memberikan dampak positif seperti PLTA, Irigasi dan Pariwisata yang nantinya semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa dalam tanggapannya menyambut baik perencanaan tersebut dan Pemerintah Kabupaten Melawi mendukung sepenuhnya rencana pendirian bendungan ini.

“Saya berharap kepada Pemerintah Pusat dan Para konsultan dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah Daerah, untuk turun ke lokasi dan ke masyarakat agar semakin valid data-data terkait lokasi yang direncanakan”, harapnya.

Bupati Melawi juga berharap dalam perencanaan masalah tanah dan hidrologi perlu diperhitungkan dalam proses perencanaan. Dan dampak-dampak apa saja terjadi dalam pendirian bendungan juga penting diperhatikan dan tetap menjaga kearifan lokal.(*/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed