by

Pengalaman Magang Di PT. Alao Kuning Dari Mahasiswa STIE Pontianak Yayasan Putra Kalbar

Sambas, Media Kalbar

PT. Alao Kuning merupakan Perseroan Terbatas yang bergerak di bidang Perkebunan Kelapa Sawit yang terletak Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat dengan titik koordinat 01031.76 LU – 1034.43 LU dan 109031.76 BT – 109043.86 BT. Akesesibilitas ke areal kebun di Desa Sebunga dapat ditempuh dalam waktu ± 8 Jam menggunakan kendaraan roda 4 dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat (Pontianak) dengan jarak tempuh ± 348 Km dan berjarak tempuh ± 95 Km dari Ibu Kota Kabupaten Sambas.

Pada tanggal 24 Januari 2022 sampai dengan 19 Februari 2022 telah dilakukan proses magang dari Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pontianak di PT. Alao Kuning. STIE Pontianak merupakan Yayasan Putra Kalbar yang berperan sebagai Perguruan Tinggi Program Sarjana dengan dua jurusan yaitu Akuntansi dan Manajemen.

 

Kornelia Eni Santia Santi dan Yuni Kartika sebagai mahasiswa dari STIE Pontianak sangat merasakan manfaat dari program magang yang dilakukan di PT. Alao Kuning yaitu :
1) Mahasiswa dapat berproses menerapkan pengetahuan dari bidang keilmuan yang didapatkan di dunia pendidikan kampus ke dalam dunia kerja secara terpadu, seperti meningkatkan rasa tanggungjawab, disiplin, dan kemampuan public speaking.
2) Mahasiswa dapat melakukan pekerjaan di PT. Alao Kuning sekaligus mengembangkan kompetensi diri melalui teori yang diberikan oleh Pembimbing Lapangan (Ganda Siagian) serta praktik langsung di dalam dunia kerja.
3) Mahasiswa dapat melatih kemampuan untuk menyajikan data hasil pengamatan secara logis dan sistematis dengan didukung oleh metode yang benar dalam menganalisa sebuah permasalahan dan disajikan dalam sebuah laporan yang dapat dijadikan sebuah penelitian.

Mahasiswa yang melakukan magang di PT Alao Kuning ini pun diajak bersama melakukan serah terima bantuan sosial berupa semen 10 sak di Kantor Kecamatan Sajingan Besar (Selasa, 08/02/2022). Baca juga artikel :
https://mediakalbarnews.com/pt-alao-kuning-salurkan-sumbangan-material-semen-di-kecamatan-sajingan-besar/
Di era globalisasi saat ini dan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka tuntutan dunia kerja juga semakin besar, yaitu mengharuskan lulusan memiliki pengetahuan yang luas, keterampilan kerja, etos kerja yang tinggi dan berbudi luhur. Pengetahuan dan keterampilan tersebut selain berupa teori yang didapat pada saat proses pembelajaran di Kampus, juga harus bisa diterapkan dilapangan melalui pengalaman langsung didunia kerja.

Kiranya Program Kerjasama Magang ini dapat membangun kerjasama antara Perusahaan PT. Alao Kuning dengan Institusi Pendidikan STIE Pontianak untuk menghasilkan profil lulusan yang tangguh, mumpuni, dan berakter, serta siap bekerja dalam bidang usaha Perkebunan Kelapa Sawit. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed