by

Pengukuhan Pengurus Mabigus Dan Pelantikan Gudep Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak Timur Berlangsung Khidmat

Pontianak, Media Kalbar

Gerakan Pramuka Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Nomor 02.023-02.024 Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak Timur masa bakti 2023-2025 resmi dikukuhkan oleh Plt. Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pontianak Timur. Sabtu (23/12/2023). Pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan Pengurus Gugus Depan yang berlangsung khidmat di halaman Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Darussalam yang dihadiri oleh seluruh dewan guru dan siswa MI, MTs dan MA Darussalam Pontianak.

Acara ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Kwartir Ranting Kecamatan Pontianak Timur Nomor: 04 Tahun 2023 yang dibacakan Wawan sebagai Sekretaris Kwartir Ranting Kecamatan Pontianak Timur. Dengan dilantiknya H. Ahmad Bustomi, S.Fil.I, M.Pd.I sebagai ketua Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak oleh Plt. Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pontianak Timur M. Mimbar. MS, kemudian dilanjutkan dengan menyematan tanda jabatan Ketua Mabigus H. Ahmad Bustomi, S.Fil.I, M.Pd.I. Ketua Pembina Gugus Depan Penggalang Putra: Mustafa, S.Ag, M.Pd. Pembina Satuan Penggalang Putra: Heri Ade Saputra, S.Sos, S.H, M. Sos. Pembina Gugus Depan Penggalang Putri: Siti Holillah, S.Pd. Pembina Satuan Penggalang Putri: Tri Awwany Hermayanti, S.Pd.

Dalam sambutan Plt. Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pontianak Timur M. Mimbar. MS. “Merasa senang dan bahagia dengan terbentuknya gerakan pramuka Gugus Depan Nomor 02.023-02.024 Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak Timur dan berharap semoga dapat menjalankan tugas sesuai dengan apa yang diikrarkan pelantikan. Gugus Depan yang sudah terbentuk ini dapat menjalankan fungsi sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dan selalu menjaga nama baik Madrasah, unggul dalam setiap kegiatan perlombaan yang diadakan oleh gudep-gudep lain baik tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Timur sampai pada level Nasional dan Internasional”. Katanya.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan H. Ahmad Bustomi, S.Fil.I M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan. “Dengan terbentuknya Gerakan Pramuka Gugus Depan Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak yang pengurusnya dikukuhkan dan dilantik hari ini merupakan momen bersejarah di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Darussalam Pontianak Timur kerena dengan terbentuknya Gugus Depan sebagai wadah berlatih, mengasah keterampilan, mengembangkan bakat minat para peserta didik di setiap jenjang pendidikan Madrasah di LPI Darussalam Pontianak, selain itu yang tak kalah pentingnya, dengan adanya gerakan pramuka di LPI Darussalam akan terbinanya watak, karakter, akhlak, dan budi pekerti yang baik bagi peserta didik sehingga menjadi generasi yang tangguh dan bermartabat untuk negara dan bangsa Indosesia tercinta. Kata H. Ahmad Bustomi juga sebagai Ketua LPI Darussalam dan yang saat ini Caleg DPRD Kota Pontianak Partai Gerindra Dapil 4 Pontianak Timur.

Pengurus Kwartir Ranting Kecamatan Pontianak Timur Robiasyah yang ditemui awak media usai pelantikan pengurus Mabigus Fatahillah-Rasuna Said mengatakan. “Mengapresiasi kegiatan pengukuhan dan pelantikan pengurus Mabigus Gudep Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak Timur berjalan dengan baik dan lancar, harapannya semoga dengan terbentuknya pengurus Mabigus Fatahillah-Rasuna Said sebagai wadah berlatih sesuai dengan ketentuan dalam kegiatan kepramukaan agar Gudep Fatihillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak ini selalu mendapatkan penghargaan baik tingkat Kwartir Ranting Pontianak Timur, tingkat Kwartir Cabang Kota Pontianak maupun penghargaan pada tingkat Nasional”. Katanya.

Wakil Kepala Madrasah Ibtidaiyah Bidang Kesiswaan Darussalam Mustafa, S.Ag, M.Pd. mengatakan “Warga Madrasah LPI Darussalam Pontianak patut berbangga sekaligus merupakan kehormatan bahwa selama ini kami belum memiliki pengurus Mabigus dan pembina Gugus Depan kepramukaan. Dengan terbentuknya Gudep 02.023-02.024 Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam, karena sebagaimana kita ketahui bahwa gerakan pramuka adalah organisasi Kepanduan Nasional Indonseia sebagai lembaga pendidikan nonformal yang menyelenggarakan kepramukaan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan bakat minat peserta didik berlandasan sistem dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan”. Kata Mustafa yang juga diamanahkan sebagai Ketua Pembina Gugus Depan Panggalang Putra 02.023-02.024 Fatahillah-Rasuna Said Pangkalan MTs Darussalam Pontianak Timur. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed