by

Pengurus DAD Se Kota Pontianak Dilantik, Yohanes Nenes : Tidak Ada Preman Adat

Pontianak, Media Kalbar

Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Pontianak periode 2023-2028 Dilantik oleh Ketua Umum DAD Provinsi Kalbar Cornelius Kimha di Rumah Radakng Pontianak, Sabtu (26/8).

 

Selain itu Usai Dilantik menjadi Ketua DAD Kota Pontianak, Yohanes Nenes, SH., melantik Pengurus DAD Kecamatan se Kota Pontianak.

Yohanes Nenes mengatakan bahwa setelah dilantik Kepengurusan DAD Kota Pontianak, sesuai intruksi Ketua Umum DAD Provinsi Kalbar, pertama bahwa DAD Kota Pontianak harus manpu mendata meninventarisir berapa jumlah masyarakat dayak yang ada di Kota Pontianak. “Baik warga dayak yang kristen, katholik, muslim, atau yang menikah dengan lain suku, agama.” Kata Yohanes Nenes.

Selain itu juga, pada Bulan April 2024, mulai 1 April 2024 sudah memasuki even naik dango yang pertama di Kota Pontianak, “ini lebih seru kedepan, karena kita sebagai tuan rumah akan mengundang semua ormas, okp yang ada di Kota Pontianak untuk berperan akrif pada naik dango ini.” Ujarnya.

Hal lain juga menjadi program dan perhatian DAD Kota Pontianak adalah lapangan kerja bagi masyarakat dayak milenial, “karena banyak warga dayak yang milenial sudah sarjana tapi masih belum bekerja, kita bantu untuk bisa bekerja, karena disini banyak perusahaan yang bisa menerima.” Jelasnya.

Disamping  itu DAD Kota Pontianak bersinergi dengan Pemkot Pontianak dan stackhoder agar Kota Pontianak tetap aman, nyaman dan damai.

Pada tahun politik, DAD Kota Pontianak menurut Nenes, dicanankan setiap Kecamatan 1 orang Dayak di DPRD Kota Pontianak, sementara untuk DPRD Provinsi minimal 2 orang, ini sejalan dengan jumlah 56 ribu lebih masyarakat Dayak di Kota Pontianak.

Terkait Adat istiadat, Yohanes Nenes menegaskan tidak ada preman adat di Kota Pontianak, “menjunjung tinggi adat  istiadat, jadi tidak ada orang luar intervensi adat di Kota Pontianak tanpa permisi ke DAD Kota Pontianak, begitu  juga Antar Kecamatan di Kota Pontianak.” Tuturnya.

Kegiatan Pelantikan Pengurus DAD Kota Pontianak dihadiri oleh Ketua Umum DAD Provinsi Kalbar Cornelius Kimha, Sekjen MADN Yacobus Kumis, Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, Forkorpimda Kota Pontianak, Ormas dan OKP, serta undangan lainnya disamping pengurus dan tokoh masyarakat Dayak Kota Pontianak. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed