by

Penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa Serta Penanda Tanganan Deklarasi Damai Pilkades Jeruju Besar 2021

Kubu Raya, Media Kalbar -Pada hari Senin, tanggal 8 Nopember 2021 bertempat di Balai Desa Jeruju Besar diadakan penyampaian visi dan misi calon Kepala Desa Jeruju Besar dalam Pilkades Tahun 2021 yang di buka oleh Ketua Panitia Bapak Jemain.S.Pd.

Dalam sambutannya ketua panitia menyampaikan tata tertib calon kepala desa dalam penyampaian visi dan misi.

Acara ini dihadiri oleh Perwakilan Kecamatan,Sungai Kakap ,BKMT Babinsa Desa Jeruju Besar.Briptu Sunaryo.dan Empat Porsonil Polsek Sungai Kakap BPD,Perangkat Desa,RT dan RW Desa Jeruju Besar.Serta Para pendukung setiap calon.

“Napiah Calon Kepala Desa Jeruju Besar No.urut Satu kepada sejumlah wartawan dia mengatakan Visi dan Misi Saya mengutamakan musyawarah mufakat artinya apapun keputusan musyawarah mufakat itu yang saya ambil saya selaku kepala desa hanya pelaksana tetapi yang saya gunakan itu aspirasi masyarakat arti nya itu kemauan masyarakat itu yang saya gunakan bukan saya sebagai kepala desa penentu tetapi masyarakat ujung tombak saya.

Napiah juga menjelaskan fardhu kifayah itu program pribadi saya tetapi program pribadi itu Allah kasi saya kesempatan 6 tahun yang akan datang program itu akan bergulir jika nanti suatu saat nanti saya tidak melaksanakan program fardhu kifayah itu silahkan masyarakat tuntut saya melalui hukum yang berlaku.”Katanya.

“Saya mengharapkan yang pertama pendukung saya ,nomor satu saya berharap semoga apa yang kita rencanakan apa yang kita inginkan Allah akan kabulkan tetapi kembali ke semuanya itu retak tangan,garis tangan itu rahasia Allah yang saya mau dalam pilkades ini aman, kondusif,damai serta intinya damai lah.”Katanya.

“Sementara Nurhalijah S.E
Calon Kepala Desa Jeruju Besar No.2 Dia mengatakan Visi dan Misi
Kalau saya di amanah kan kembali saya akan melanjutkan program yang sudah ada dan saya akan membuat program program inovasi yang baru yang melibatkan semua aspek masyarakat.”Katanya.

“Terutama di dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat apalagi yang menjadi prioritas saya adalah mempertahankan desa mandiri di mana desa mandiri adalah suatu masyarakat yang mampu mengembangkan kebutuhan dasar sosial nya.

“Nah itu infrastruktur yang baik kemudian mobilitas yang cukup tidak sulit kemudian pelayanan publik yang baik dan tatanan pemerintahan yang baik.
Inovasi baru yang akan di kembangkan banyak sekali sesuai dengan potensi desa yang ada

Di jelaskannya satu desa ini memiliki potensi alam yang luar biasa baik itu sumber daya alam nya baik itu sumber daya manusia serta kearifan lokal yang harus kita kembangkan yang selama ini memang belum mampu meraih semua potensi itu termasuk potensi wisata akan di kembangkan lagi”Ucapnya.

sampai tadi ini kan semua yang kita diskusikan kemudian ada pertanian yang menjadi suatu aspek pertama di dalam kehidupan masyarakat khususnya di desa Jeruju Besar mau program ungulan desa Jeruju Besar ini agar dapat kita bantu dan kepada masyarakat agar pertanian di jeruju besar ini lebih meningkat
sehingga bisa membantu perekonomian yang ada.”Ujarnya.

“Kalau kaum milenial memang ada program kita khususnya di badan usaha milik desa karena saat ini kita lebih mengembangkan internet desa,kemudian di mana internet desa ini merupakan suatu program unggulan yang akan di tebarkan ke seluruh masyarakat desa yang akan di kembangkan ke desa desa lain bahkan akan menjadi objek untuk di tingkat kabupaten kubu Raya.”Tandasnya.

Terpisah Ya’Kob,S.H.I Calon Kepala Desa Jeruju Besar No.Urut 3 Saat di temui di kediamannya usai mengikuti penyampaian Misi dan Visinya ia menjelaskan Visinya Mewujud kan pemerintahan yang bersih yang harmonis kemudian sejahtera dan religius

Kemudian misi nya itu sudah kita sampai kan tadi jadi saya singkat saja di bidang pemerintahan itu kita kepingin bahwa pemerintahan itu bersih dari pada KKN karena KKN ini yang merusak dari pada tatanan kehidupan kita tentu di mulai dari pada pemerintah dulu mulai dari staf nya iya semua lah staf nya dusun nya

“lebih lagi kepala desa nya jangan lah melakukan KKN ini kan melanggar undang undang kita yang ke dua karena tidak KKN kita berusaha di desa ini menggratiskan segala administrasi yang bersifat kependudukan kita gratiskan. Kepengurusan nya artinya kita bentuk satu orng yang desa ini yang urusannya memang kita gaji untuk mengurus administrasi desa yang mengkajinya.

“Jadi tidak lagi minta kepada masyarakat untuk biaya transport orang tersebut kemudian kita gratiskan induk dari pada keluhan masyarakat itu adalah tentang tanda tangan surat tanah jadi sifat di sini kepala desa yang menandatangani surat tanah itu yang kita gratiskan

Nah itu saja pola nya kemudian hal lain lain bidang harmonis kita kepingin masyarakat kita ini semua lembaga lembaga yang ada di desa jeruju besar kita berikan untuk Tepoksi fungsinya masing masing BPD,hak BPD silah kan bekerja semampunya LPM silahkan bekerja semampunya karang taruna.

“Kemudian posyandu PKK begitulah kerjakan hak nya mereka masing masing desa hanya memfasilitasi ketika ada kerjasama ayo kita sama sama membangun desa tetapi desa tidak akan mengambil hak mereka supaya apa desa kita ini kan mau hidup berdampingan masyarakat kita mau senang melihat antar lembaga di desa itu tidak cekcok
bahasanya ya senang hidup kita harus aman tenang tentram desa kita itu.

Kemudian yang selanjutnya saya singkat saja bidang ekonomi, bidang ekonomi ini bagaimana pun juga kita berusaha desa jeruju besar ini menambah inkam buat masyarakat bukan untuk inkam Pemerintahan Desa ya untuk pendapatan masyarakat yang selama ini memang masyarakat kita ini kerjanya pas pasan kita buat program.

“Yang pertama itu kita akan membuat wisata ekonomi dan kuliner di komplek pasar desa jeruju besar karena selama ini komplek jeruju besar tidak pernah terbangun yang sekarang ini wisata nya wisata pemandangan sudah ada itu sudah Bagus tetapi wisata ekonomi ini yang kita kembangkan kenapa karena desa jeruju besar ini induk karena hanya desa jeruju besar yang ada pasar.”Pungkasnya.(Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed