by

Poktan Kerja Berari-Ari, Panen Perdana 3 Ton Semangka Inul dan Labu

Melawi, Mediakalbar – Kelompok Tani Kerja Berari-ari Desa Nanga Kebebu Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, melaksanakan panen perdana buah semangka inul dan labu pada Senin (20/6). Pada panen perdana kelompok tani ini sukses memanen semangka kurang lebih 3 ton.

Hadir dalam panen perdana tersebut antara lain, KABID Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas DPMD Kabupaten Melawi, Zulkifli, camat Nanga Pinoh Halma Trisno, TA Kabupaten Melawi Jhoni Rudwin, para pendamping desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak lainnya.

Dalam kesempatan tersebut kades Nanga Kebebu Aris mengungkapkan, kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. DImana sumber dananya berasal dari dana desa sebesar 20 persen.

“Jadi di sini ada beberapa kelompok tani, kelompok tani sawah, kemudian kelompok tani sayur dan periknan. Jadi dari dana 20 persen tersebut pemerintah desa memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk kepada kelompok tani, dan Alhamdulillah pada hari ini kita berhasil panen perdana untuk semangka dan labu,” kata Aris.

Aris menerangkan, untuk kelompok perikanan pemerintah desa Nanga Kebebu juga akan segera memberikan bantuan berupa bibit ikan, akan tetapi bibit tersebut diberikan kepada petani perdusun dan perkelompok.

“Dari 20 persen dana desa ini kami juga menganggarkan untuk pembangunan lumbung pangan, yang akan dibangun di samping kantor desa, maka dari itu kepada bapak camat dan pak kabid untuk memberikan dukungan kepada kelompok kami, mudah-mudahan nanti bapak kabid bisa menyampaikan kepada bupati agar desa kami diberikan mobil angkutan, sebab di desa Nanga Kebebu juga bumdesnya sudah aktif,” katanya.

Camat Nanga Pinoh Halma Trisno memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah desa Nanga Kebebu dan kelompok Tani Berari-ari yang telah sukses dalam melaksanakan panen perdana buah semangka dan labu air.

“Mungkin ini yang pertama kali di Kabupaten Melawi, dimana desa Nanga Kebebu sukses dalam pengelolaan 20 persen dana ketahanan pangan, dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi area pertanian, mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di kecamatan Nanga Pinoh maupun desa lain di Kabupaten Melawi. Jadi kalau mau study banding tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar cukup datang ke sini, sudah reel ini buahnya luar biasa,” katanya.

Sementara itu Kabid. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas DPMD Kabupaten Melawi, Zulkifli, juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada masyarakat desa Nanga Kebebu karena sudah berhasil mengembangkan pertanian yang cukup maksimal.

“Saat masuk tadi kita sudah disambut dengan kebun labu yang dikemas dengan menarik, dan modern sehingga menjadi agrowisata. Mudah-mudahan desa Nanga Kebebu kedepannya bisa menjadi percontohan untuk desa-desa lain di kabupaten Melawi,” katanya. (Ali/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed