by

Polda Kalbar Gunakan Teknologi Aplikasi SOT dan EWS untuk mengontrol Dinamika OMB Kapuas 2024

Pontianak, Media Kalbar

Dalam mengendalikan Dinamika Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata (OMB) Kapuas 2024 Polda Kalimantan Barat telah memanfaatkan teknologi aplikasi Sistem Operasi Terpadu (SOT) dan Early Warning System (EWS) untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan pengamanan tahapan Pemilu 2024, Sabtu, (13/01/2024).

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi awak meda menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi aplikasi SOT dan EWS ini merupakan upaya Polda Kalbar untuk meningkatkan efektivitas pengendalian Dinamika operasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjaga keaamanan dan ketertiban selama tahapan pemilu 2024 berlangsung

“Pemanfaatan teknologi aplikasi SOT dan EWS ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan efektivitas pengamanan dan ketertiban masyarakat. Kami ingin memastikan bahwa selama masa tahapan pemilu 2024 sitkamtibmas di Kalimantan Barat tetap aman dan kondusif, ujar Kombes Pol Raden Petit Wijaya.

Aplikasi SOT digunakan untuk memantau situasi dan kondisi keamanan di wilayah hukum Polda Kalbar secara real-time. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur diantaranya seperti pemantauan posisi personil dilapangan,pemantauan CCTV, pemantauan arus lalu lintas, dan pemantauan media sosial.

Sementara itu, aplikasi EWS juga bisa digunakan untuk mendeteksi potensi ancaman keamanan. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti sensor asap, sensor gempa, dan sensor gelombang laut.

Dalam beberapa waktu terakhir Polda Kalbar telah melakukan beberapa operasi dengan menggunakan teknologi aplikasi SOT dan EWS. Salah satunya adalah operasi penertiban knalpot brong dan berhasil dilakukan secara efektif dan efisien, dan operasi penertiban knalpot brong ini dilakukan di beberapa wilayah di Kalimantan Barat, seperti Pontianak, Kubu Raya, dan Singkawang

Dengan memanfaatan teknologi aplikasi SOT dan EWS ini Satgas OMB Polda Kalbar berharap dapat memberikan dampak positif terhadap pelaksanaan pengamanan utk memelihara sitkamtibmas di Kalbar tetap aman dan kondusif sampai tahapan pelaksanaan pemilu 2024 selesai” Tutup Kabid Humas. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed