by

Pos UKK Kerja, Permudah Nelayan Cek Kesehatan dan Pengobatan Secara Gratis

Kubu Raya, Media Kalbar – Nelayan di Kecamatan Sungai Kakap,Kabupaten Kubu Raya,kini bisa mendapat pelayanan kesehatan dengan mudah.dan pengobatan gratis

Pasalnya,sudah ada Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) di wilayah kerja Puskesmas Sungai Kakap, yakni di dermaga Muara sungai Kakap RT 01/RW.02 Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap.

Junaidi Arifin selaku Pengurus POS UKK Nelayan pesisir Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya mengatakan,pos UKK ini merupakan tempat pelayanan kesehatan yang dibentuk di kawasan perkampungan nelayan pesisir.Pos UKK dikelola oleh nelayan atau para pekerja Sektor perikanan itu sendiri (Kader)Katanya.

Menurutnya,UKK sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan para kader yang berada di bawah binaan
Pemerintah Desa Sungai Kakap.dan
Puskesmas Sungai Kakap.

“Pelayanan kesehatan dasar bagi para nelayan merupakan pelayanan yang esensial yang diberikan kepada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan bagi pekerja, ” kata Junaidi POS UKK Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap,Kamis(20/1/2022).

“Junaidi juga mengatakan,kegiatan yang dilaksanakan oleh di pos UKK adalah melakukan penyuluhan tentang alat perlengkapan diri (APD)dalam bekerja,survei lingkungan serta cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat pekerja.

Lebih lanjut Junaidi memaparkan jadi ini merupakan suatu program Pos UKK memberikan pengobatan gratis Kepada para nelayan pesisir sebelum para nelayan melaksanakan aktifitas jadi kami sebagai pengurus Pos UKK Desa Sungai kakap harus di periksa dulu kesehatannya para nelayan itu sebelum kelaut.”Paparnya.

Apakah dia itu sehat kasihan juga kalau dia sampai kelaut dia sakit ada keluhan sebelumnya dia kelaut kami sebagai pengurus kita panggil dulu para nelayan itu untuk memeriksakan kesehatannya di Pos UKK.karna para nelayan itu ada juga yang pulang satu hari ada juga yang pulang satu minggu.

“Jadi kata Junaidi kasian juga kalau sudah sampai di laut sakit itu apalagi kalau tidak ada persiapan obatnya jadi ini lah kami dari pengurus Pos UKK Desa sungai Kakap rutin setiap bulan melalukan pemeriksaan kesehatan para nelayan pesisir yang ada di Kecamatan sungai Kakap bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sungai Kakap dan begitu juga dari Puskesmas Sungai Kakap yang menyediakan pengobatan dan Dokternya.”Katanya.

“Masih kata Junaidi kami dari pengurus Pos UKK sungai Kakap tidak bisa bekerja sendiri Tampa di bantu oleh semua pihak terutama Pemerintah Desa Sungai Kakap dan Puskesmas Sungai Kakap jadi untuk pelayanan Pos UKK di kakap ini tiadak saja hanya melayani Para nelayan saja tapi termasuk masyarakat umum pedagang dan petani yang memerlukan Pengobatan kami layani.”Ujarnya

“Lebih lanjut Junaidi mengatakan Insya Allah bulan depan atau Minggu depan kami dari pengurus Pos UKK akan mengadakan Vaksinasi jadi Vaksin untuk para nelayan mungkin mereka belum mendapatkan Vaksin.

“Karna kita kaishan para nelayan itu karna untuk mengurus segala administrasinya saat inikan persyaratannya harus sudah di Vaksin jadi kami sebagai pengurus Pos UKK Desa sungai Kakap akan mengadakan Vaksin dan akan berkoordi nasi dengan Puskesmas dan Pemerintah Desa.agr supaya Pos UKK Nelayan pesir yang ada di Desa Sungai Kakap ini mendapatkan Vaksin,”Pungkasnya.(Tim.Mk/Is)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed