by

Program P3-TGAI Di Sambut Baik Petani Desa Jeruju Besar

Kubu raya, Media Kalbar

Dalam rangka meningkatkan taraf hidup Masyarakat,terutama Petani, Pemerintah melalui program P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) telah menggelontorkan dana untuk pembangunan saluran air yang menuju ke persawahan dengan tujuan untuk memudahkan Petani dalam bercocok tanam sehingga dapat menghasilkan panen yang maksimal dan berkualitas,

Sesuai dengan tekhnis,proyek ini dikerjakan secara Padat Karya Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dengan cara Swakelola,dengan maksud untuk menyerap tenaga kerja sekitar sebagai penerima manfaat, apalagi dimasa pandemi Covid-19 banyak sekali Warga yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Melalui Program P3TGAI,yang bertujuan menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui jaringan irigasi pemeliharaan serta rehabilitasi.

Dalam program ini,warga setempat termasuk para petani bersama-sama mengerjakan saluran irigasi didampingi oleh para Tenaga Pendamping (TPM).

Pembangunan yang berlokasi di 2 titik ini yaitu Paret Cekmina dan di Wilayah RT 3 RW 5 di Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Sebagai ketua P3A Malek berima
menuturkan sangat berterimakasih atas adanya pembangun P3GAI ini karena sudah membantu para petani yang dikerjakan secara swakelola.yang salah satunya pembangunan saluran irigasi Stoplok,yang tadinya Air meluber sebelum ada pembangunan sekarang sudah menjadi lebih tertata .

Hal senada dikatakan Nurhalijah.SE, sebagai Kepala Desa Jeruju Besar pembina program.pada hari Minggu (4 Juni 2021)dia berharap petani bisa mendapatkan air secara baik untuk mengairi sawahnya. Sehingga diwaktu panen bisa mencapai hasil panen yang sangat baik dan bisa membantu para pekerja yang sedang terkena imbas Covid-19.”Tandasnya.

Masih kata kepala Desa Jeruju Besar Nurhalijah.SE dia berharap program ini agar dapat terus berlanjut sehingga petani di Desa Jeru besar tambah semangat lagi dalam mengelolah sawahnya sehingga dapat meningkatkan hasil Pertaniannya.”Pungkasnya.(Tim.Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed