by

Puskesmas Se Kecamatan Sungai Kakap membentuk Forum Germas dan Stunting

Kubu Raya, Media Kalbar

Pembentukan Forum Komunikasi Germas dan Rembuk Stunting di Kecamatan Sungai Kakap dilaksanakan di Aulah Puskesmas Punggur Kecamatan Sungai Kakap Kabu paten Kubu Raya,pada hari Kamis Tanggal 27 Bulan Mei.Tahun 2021 Pagi.

Acara ini dihadiri oleh Camat Sungai Kakap Rusdety.SH Kabit FPS Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya A.Syahid.Kapolsek Sungai Kakap .Danramil Sungai Kakap.Kepala KUA Kecamatan Sungai Kakap.Porsonil Polsek Sungai Kakap.Korwil Dinas Pertanian Sungai Kakap Kepala Desa Se kecamatan Sungai Kakal Musika dan Muspida sekecamatan Sungai Kakap.serta Kader kader Kesehatan se Kecamatan Sungai Kakap beserta para undangan yang hadir.

Rusdety.SH Camat Sungai Kakap Dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu upaya Pemerintah dalam penurunan stunting adalah dengan konvergensi percepatan penurunan stunting yaitu intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama antara OPD,Pemerintah Desa,Ormas, Organisasi Keagamaan,maupun Organisasi Perempuan dengan sasaran prioritas di Desa.”Ucapnya.

Pencegahan stunting dilakukan dengan intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.Intervensi gizi spesifik meliputi kecukupan asupan makanan dan gizi serta pemberian makanan,perawatan,pola asuh dan pengobatan infeksi/penyakit.”Katanya

“Sedangkan intervensi gizi sensitif mencakup peningatan akses pangan bergizi,peningkatan kesadaran dan komitmen praktik pengasuhan ibu dan anak, peningkatan akses pelayanan kesehatan,penyediaan air bersih dan sarana sanitasi sehat.”Imbuhnya.

Lebih lanjut Rusdety Camat Sungai Kakap.menyampaikan “dalam pelaksanaannya upaya konvergensi percepatan penurunan stunting perlu melakukan aksi yakni analisa situasi,perencanaan kegiatan,rembuk syunting, peraturan bupati tentang peran desa,pembinaan kader pembangunan manusia, pengukuran dan publikasi data stunting serta review kinerja”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan forum germas dengan tujuan agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup sehat sehingga produktivitas masyarakat meningkat dan akan menjadi jarang sakit.

Selanjutnya diakhir acara dilakukan penandatanganan komitmen bersama penurunan stunting antara Camat Sungai Kakap,Musika dan Muspida.Organisasi Perempuan serta Perwakilan Sektor non Pemerintah dan Masyarakat. Harapannya adalah terciptanya suatu kondisi lingkungan serta masyarakat yang sehat dan sejahtera.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed