by

Rakerda Gerakan Pramuka Kwarda Kalbar, Bahas Program Kerja Tahun 2023

Pontianak, Media Kalbar

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022. Rapat kerja tahunan itu, digelar di Graha Pramuka Kwarda Kalbar jalan Arteri Supadio pada Minggu (18/12/2022).
Sekretaris Kwarda Kalbar, Iwan Gunawan menjelaskan, Rakerda tahun ini difokuskan untuk membahas program kerja yang akan dilaksanakan pada 2023 mendatang.
Rangkaian Rakerda diisi dengan rapat pleno pertama dengan penyampaian materi dari Ketua Kwarda Kalbar Kak Syarief Abdullah Alkadrie,SH,.MH. dan Penyampaian Materi oleh Para Waka Kwarda kalbar. Dilanjutkan Sidang Pleno kedua yaitu penyampaian materi oleh Kapusinfo, Kapuslitbang, Kapusdiklatda dan Ketua Dewan Kerja Daerah Kalimantan Barat.
Pada Pleno ketiga adalah Penyampaian laporan dan program kerja tahun 2023 dari kwarcab sekalbar .
“Rakerda ini diikuti oleh Seluruh Pengurus Kwarda Kalbar, Pimpinan Saka, Pimpinan Sako, Ketua LPK, Ketua Pusdiklatda, Ketua Puslitbangda, Ketua Pusinfoda, Ketua Dewan Pertimbangan Pendidikan Kwarda Kalbar serta Pimpinan Kwartir Cabang se Kalimantan barat yang masing-masing kwarcab mengutus 5 orang unsur Pimpinannya.” Jelas Iwan Gunawan selaku sekretaris Kwarda Kalbar.
Dia mengatakan, Rakerda bertujuan untuk mengambil kesepakatan secara bersama. Termasuk menjadi wadah menerima masukan, saran, dan evaluasi terhadap program kerja tahun 2022 dan merencanakan serta menyepakati Pelaksanaan Program Kerja tahun 2023.
Diharapkan penyusunan program kerja 2023 nantinya, sejalan dan searah dengan Program Kwartir Daerah dan Program Kwarcab se- Kalbar. Dalam rakerda tersebut, juga disampaikan informasi hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022, Hasil Rakornas 2022 khususnya tentang usulan amandemen Undang Undang Gerakan Pramuka serta beberapa kegiatan Nasional yang memerlukan pesiapan dalam waktu dekat ini misalnya Kegiatan Lomba Tingkat Penggalang yang dilaksanakan secara berjenjang dari Tingkat Gugus Depan sampai Tingkat Nasional.
“Kita harapkan adanya sinkronisasi antara program kerja kwartir cabang dengan dengan kwartir cabang lain serta program kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat .” tambahnya.
Untuk itu, melalui Rakerda ini, Sekretaris Kwarda Kalbar mengajak peserta Rakerda untuk membuat program-program yang baik dan bermutu untuk disinergikan dengan Program Kwarnas, Kwarda , Kwarcab, Kwaran serta Gugus depan agar lebih dapat terarah, effisien dan efektif lagi kedepannya dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka.
Tak lupa, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalbar terutama bapak Sutarmidji selaku Ketua Mabida Kalbar, DPRD Propinsi, Kadisporapar Propinsi, Pimpinan Saka dan Sako yang telah memberikan segala dukungan pada kegiatan kepramukaan di Kalimantan Barat. (*/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed