by

Sambut Tahun Baru Imlek 2573, Vihara Tua Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap Menggelar Baksos Bagi Warga Tionghoa

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka menyambut hari Perayaan Tahun Baru Imlek 2573, Pengurus Vihara Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap di Desa Sungai Kakap menggelar kegiatan Baksos berupa pembagian 135 paket sembako.dengan penuh semangat mengisinya dengan tebar kebaikan kepada ratusan kepala keluarga suku etnis Tionghoa wilayah Kecamatan Sungai Kakap.

“Ati yang akrab di sapa Jono selaku humas Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap mengatakan,perayaan Tahun Baru Imlek pada tahun ini menjadi momen tersendiri warga Tionghoa di Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap.Pasalnya,kegiatan berbagi kasih di Imlek tahun ini adalah hari imlek berbagi kasih,

Kita berkerjasama dengan para donatur baik itu dari masyarakat Tionghoa yang ada di Desa sungai Kakap mau pun para Donatur dari luar untuk membantu warga yang perekonomiannya sulit khusus suku Thionghoa.

“Kita berkerjasama dengan Donatur
yang ada di Desa sungai kakap Kecamatan Sungai Kakap
,kita mengumpulkan data,khusus nya untuk Suku Thionghoa yang perekonomian nya sulit. ya kita kunjungi kerumahnya satu persatu secara door too door untuk mendata dan membagikan Kartu,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Vihara Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap selama ini tidak saja berbagi sesama warga Thionghoa saat perayaan Imlek tetapi kita juga dalam bentuk Sosial lainnya seperti pada perayaan hari raya Idul Fitri untuk umat Islam ini merupakan budaya Thionghoa pada hari imlek.

“Ini budaya Thionghoa,itu adalah sesuatu yang akan membawa hoki dan membawa rezeki,yaa harapan kita bisa berbagi kepada masyarakat Thionghoa dan umat Islam yang membutuhkan kata dia.

Lanjut bansos Ati menjelaskan ada 135 paket,paket imlek, terdiri dari beras 20 kg, mie instan 1 dus, minuman kaleng satu kerat,gula 2 kg, minyak 2 kg, susu 2 kaleng semuanya ada 6 jenis.”Jelasnya.

Dana dana ini dari donatur semua kita dari pihak yayasan hanya perantara untuk menjalankan amanah ini yang mana totalnya kurang lebih 80 juta,kita bagikan untuk warga kurang mampu yang merayakan Imlek.

Warganya itu kita ambil dari anggota yayasan kita yaitu yayasan Budi mulia kakap ada juga warga dari sungai itik, ampera, parit wak biba masuk wilayah benteng.

Ati juga menjelaskan untuk tahun ini kita tidak mengadakan acara,sekedar membagikan paket, menghias taman, lentera hanya itu saja,”Kata Ati yang lebih akrab di sapa Jono sebagai humas Tridharma Hiang Thian Siang Tie kakap.

“Ati berharap Imlek tahun ini semua harus berbagi kepada saudara-saudara yang kesulitan perekonomiannya lewat berbagi kasih dan selalu menebar kebaikan kepada orang lain,”Jangan lupa bahwa masih banyak saudara kita yang Thionghoa yang barang kali kebingungan, sedih malam imlek mau makan apa, dari pada kita seneng sendiri lebih baik kita berbagi dimoment imlek kali ini kita berbagi kasih kepada teman-teman kita yang lain,”ungkapnya.

Masih di Lokasi yang sama Rusdety.SH Camat Sungai Kakap ketika di Wawancarai sejumlah wartawan terkait dengan Perayaan Imlek dan Pembagian Sembako yang di laksanakan Vihara Tua Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap

Rusdety Camat Sungai Kakap mengatakan kalau terkait dengan bansos untuk memperingati imlek pada tahun ini Alhamdulillah dari yayasan membantu warga yang masuk kategori kurang mampu dengan bantuan bantuan yang tadi telah di sebutkan itu

“Yang pertama,dan yang kedua kami dari Pemerintah,kecamatan dan Kabupaten sangat berterima kasih kepada yayasan Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap yang ada di wilayah kecamatan kakap ini telah beberapa kali membantu kegiatan kegiatan sosial di masyarakat.

“Pertama sekali terkait dengan masa pandemi ada acara yang memang di anggarkan Dana nya tetapi.karena belum kita masih di dalam status covid dan prokesnya juga masih ketat akhirnya dana tersebut di alihkan ke masyarakat

Alhamdulillah itu yang pertama mungkin sudah 1 tahun lebih kemudian sekitar satu bulan yang lalu kami juga pemerintah Kecamatan,dan desa jujur juga memohon bantuan kepada yayasan yang ada di sini untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terkait Pandemi.”Terangnya.

Berarti Kata Rusdety sudah Dua kali bantuan yang di berikan oleh yayasan Tridarma Hiang Thian Siang Tie kakap ini sangat di rasakan oleh masyarakat untuk itu kami dan Bupati juga ada sedikit penghargaan,piagam terima kasih banyak sudah membantu dan berbaur dengan masyarakat

Dan kemudian tadi saya juga sudah berbincang bincang juga dengan Pengurus Vihara Tridharma Hiang Thian Siang Tie Kakap Insyaallah ketika ada lebaran hari raya idul fitri kami juga akan mencoba memberikan paket lebaran untuk masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar.

Berarti ini sudah sangat luar biasa bagaimana bersatu dengan masyarakat tidak membedakan agama,suku,ras toleransi sangat kuat untuk itu kami dari Pemerintah Kecamatan sangat berterima kasih kepada seluruh yayasan yang ada di kecamatan sungai kakap.

Tentu saja untuk perayaan keagamaan pada tahun ini terkait dengan pandemi Covid masih dengan batas batas yang sudah di tentukan oleh Pemerintah tetapi kembali lagi untuk ibadah silahkan tetapi dengan memperhatikan Prokes kesehatan yang ada.”Pintanya.

“Sementara salah satu warga Thionghoa yang akan merayakan Imlek Desi warga.Rt4,Rw 5.Desa sungai Kakap mengaku merasa Senang dan merasa sangat terbantu dengan adanya pembagian Bansos ini di Katakannya sangat membantu sekali bagi kami terimaksih kepada panitia yang telah membagikan Sembako ini.harapan saya tahun depan ada lagi seperti ini.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed