by

Siap menjaga dan Mengamankan 17.626 TPS, Polda Kalbar Menurunkan 4.122 Personel Polri Saat Pemungutan Suara

Pontianak, Media Kalbar

Kapolda Kalbar dalam apel pengecekan pasukan serpas dilapangan Apel Jananuraga menyampaikan bahwa Polda Kalbar telah siap untuk mengamankan gelaran pesta demokrasi dalam pemilu 2024 ini dan siap menurunkan 4.122 personil untuk menjaga dan mengamankan 17.626 TPS di seluruh Kabupaten provinsi Kalimantan Barat.

Kita akan bekerjasama dengan TNI serta unsur stekholder terkait lainnya,
Kamis (01/02/2024)

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi awak media menyampaikan bahwa, sebanyak 17.626 TPS yang akan diamankan pihaknya bersama TNI dan unsur stekholder terkait lainnya terdiri dari beberapa jenis tingkat kerawananya, kami sudah melakukan pemetaan terkait situasi yang ada di wilayah Kalimantan Barat, “sehingga dari 17 Ribu lebih TPS di Kalbar ada yang kategori rawan, kurang rawan dan lain-lain,” Kata Kabidhumas

Menurut Irjen Pol Pipit Rismanto, untuk pengamanan TPS yakni dilakukan dengan selektif prioritas dan kesiapan personel gabungan di setiap wilayah yang ada di Kalbar. Baik itu TNI/Polri, Satpol PP dan Linmas telah disiapkan.

“Setelah dievaluasi dengan ketat dari berbagai segi penilaian maka dapat dipetakan dan tercatat sebanyak 161 TPS di Kalbar yang masuk kategori sangat rawan sehingga menjadi pengamanan yang selektif prioritas secara ketat, pengamananya dilakukan secara terbuka dan tertutup, sedangkan untuk kurang rawan tercatat sebanyak 794 TPS dan untuk yang masuk kategori aman tercatat 16.671 TPS,” ungkap kabid Humas

Terkait dengan situasi Kamtibmas, bila ada pelanggaran Kapolda Kalbar memastikan akan melakukan penindakan tegas sesuai dengan mekanisme dan protap yang ada.

“Kepada siapa pun yang melakukan pelanggaran pidana atau menggangu kamtibmas terkait pemilu, tindakan tegas akan diberikan berupa penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku tentunya tindakan tegas yang kita ambil yakni tindakan yang terukur dan sesuai dengan aturan. Mari kita semua sukseskan pemilu 2024 dengan menjaga kondusifitas Kalimantan Barat,” Tutup Kabid Humas. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed